Penulis / NIM
SILVANA MASSA / 311413039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR. UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Silvana Massa. 2017. Hasil Belajar Menelaah Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri 1 Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo
Tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatma AR. Umar, M.P.d, dan pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M. Hum.
Penelitian ini dimaksudkan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Pantai dalam menelaah struktur teks laporan hasil observasi.(2) mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Pantai dalam menelaah ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi. (3) mendeskripsikan faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Pantai dalam menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi. (4) mendeskrisikan solusi dalam memecahkan masalah yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Pantai dalam menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi.
Metode dan jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif, data dan sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara dan tes kemampuan yang di analisis dengan cara memeriksa hasil pekerjaan siswa, pemberian skor, mencari nilai rata-rata, mengkategorikan kemampuan siswa, dan menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal, akan tetapi masih sangat rendah. Hasil kerja siswa secara kelompok lebih tinggi dibandingkan dengan hasil kerja siswa secara individu. Hal ini diakibatkan oleh beberapa hal diantaranya guru, siswa, lingkungan sekolah dan fasilitas yang ada d sekolah. Untuk itu diperlukan adanya solusi diantaranya fasilitas belajar yang memadai, peran guru dan peran orang tua.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menelaah struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Paguyaman Pantai walaupun masih rendah, tapi sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal.
Kata-kata Kunci: Hasil Belajar, Menelaah, Teks laporan hasil observasi.
Download berkas