Penulis / NIM
SUNARTI IGIRISA / 311413043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Sunarti Igirisa. 2017 Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Cerita Rakyat (Hikayat) Melalui Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum dan pembimbing 2 Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd.
Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pembelajaran menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) melalui media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta, (2) faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelajaran menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) melalui media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta, (3) bagaimana upaya mengatasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) melalui media gambar berseri pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) melalui media gambar berseri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tilamuta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi dan wawancara. Analisis data berupa, menelaah data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran melalui media gambar berseri pada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir dilaksanakan untuk melatih siswa menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) dengan berurut, vokal, mimik dan pilihan kata yang tepat melalui media gambar berseri, dan menciptakan suasana belajar lebih menarik, (2) faktor yang mempengaruhi pembelajaran melalui media gambar berseri antara lain, kendala yang bersumber dari guru, dan kendala bersumber dari siswa, (3) solusinya perlu kreatifitas guru dalam menyiapkan media yang sesuai dengan karakteristik materi pembelajaran, dan selalu memberikan motivasi kepada siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan, pembelajaran menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) melalui media gambar berseri dapat membuat suasana kelas lebih menyenangkan, siswa lebih aktif selama proses pembelajaran, dan mempermudah siswa menceritakan isi cerita rakyat (hikayat) dengan urutan yang tepat,vokal, mimik dan pilihan kata yang tepat.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, bercerita, cerita rakyat (hikayat), media gambar berseri
Download berkas