Penulis / NIM
NURHAYUN MULIANA ARSYAD / 311413045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayun Muliana Arsyad 2017. Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fabel pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kabila Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatma AR. Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Asna Ntelu, M. Hum.
Penelitian ini dimaksudkan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis teks fabel, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks fabel dan (3) mendeskripsikan proses penilaian pembelajaran menulis teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabila. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif artinya metode yang dilakukan dengan maksud memuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis. Instrument pada penelitian ini dalam bentuk ceklis. Data yang di peroleh dari proses pembelajaran yaitu berdasarkan analisis data berupa : 1) reduksi data, 2) menyajikan data, dan 3) simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis teks cerita fabel pda siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabila Tahun pelajaran 2016/2017, diperoleh bahwa RPP tersebut berisi komponen-komponen berikut ini : a) identitas RPP, b) kompetensi inti (KI), c) kompetensi dasar (KD), d) indicator pencapaian, e) tujuan pembelajaran, f) materi pembelajaran, g) kegiatan pembelajaran, h) penilaian pembelajaran, pembelajaran remedial, dan pengayaan, i) media/alat dan sumber belajar. (2) pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabila Tahun pelajaran 2016/2017, data yang di peroleh bahwa ada tiga kegiatan terdiri dari : a) kegiatan pendahuluan. Dalam tahap ini guru tidak memberi salam, tidak menyampaikan KD dan indikator, tidak menyampaikan tujuan pembelajaran. b) kegiatan inti. metode yang digunakan dalam RPP yaitu seintifik, namun pada pelaksanaannya guru tidak menerapkan tahap yang ke 5 (mengkomunikasikan). c) kegiatan penutup. Pada tahap ini guru melakukan refleksi, memotivasi siswa, dan tanya jawab tentang pembelajaran yang sedang berlangsung. (3) proses penilaian pembelajaran menulis teks fabel ada terdapat tiga jenis penilaian yang ada dalam RPP, namun guru tidak menggunakan penilaian tersebut. Guru hanya menggunakan penilaian penskoran pada hasil kerja siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks cerita fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabila tahun pelajaran 2016/2017 dilihat dari RPP yang dibuat oleh guru, pelakasanaan dan penilaian pembelajaran belum maksimal.
Kata-kata kunci : pembelajaran, menulis, teks fabel
Download berkas