Penulis / NIM
FAIDLAN DG. MATUTU / 311413055
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstrak
ABSTRAK
Faidlan Dg. Matutu. 2017. Hasil Belajar Memerankan Isi Cerita Fabel dengan Menggunakan Strategi Role Playing pada Siswa Kelas VII5 SMP Negeri 1 Limboto Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum; Pembimbing II. Dr. Herson Kadir, S.Pd, M.Pd
Tujuan dalam penelitian ini yakni (1) mendeskripsikan hasil belajar memerankan isi cerita fabel dengan menggunakan strategi pembelajaran Role Playing siswa kelas VII5 SMP Negeri 1 Limboto tahun pelajaran 2016/2017, (2) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan hasil belajar memerankan isi cerita fabel dengan menggunakan strategi pembelajaran Role Playing pada siswa kelas VII5 SMP Negeri 1 Limboto tahun pelajaran 2016/2017.
Metode yang digunakan metode deskriptif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII5 SMP Negeri 1 Limboto dalam memerankan isi cerita fabel. Teknik pengumpulan data, yakni teknik tes kemampuan dengan cara mengamati kemampuan siswa dalam memerankan isi cerita fabel dan mewawancarai langsung guru bahasa Indonesia kelas VII5 SMP Negeri 1 Limboto untuk mendapat informasi mengenai fakta yang mempengaruhi pemerolehan hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara yakni; mengamati kemampuan siswa dalam memerankan isi cerita fabel, memberikan skor sesuai indikator yang dinilai, pemberian nilai menggunakan penetapan acuan patokan (PAP), pengkategorian kemampuan siswa, menyimpulkan hasil penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil belajar siswa kelas VII5 SMP Negeri 1 Limboto yang berjumlah 25 orang dalam memerankan isi cerita fabel dengan menggunakan strategi Role Playing ini menunjukan bahwa (1) terdapat tiga siswa tuntas pada kategori sangat baik, 18 siswa tuntas pada kategori baik, berjumlah empat siswa tidak tuntas pada kategori cukup. Dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas VII5 SMP N 1 Limboto dengan menggunakan strategi Role Playing dinyatakan tuntas dengan nalai rata-rata 76% termasuk dalam kategori baik, (2) faktor-faktor mempengaruhi pemerolehan hasil belajar memerankan isi cerita fabel pada siswa VII5 SMP Negeri 1 Limboto yaitu di pengaruhi oleh guru dalam penggunaan strategi pembelajaran dan lingkungan sekolah, contohnya lingkungan kelas yang nyaman dan fasilitas belajar yang mendukung seperti perpustakaan dan koneksi internet.
Kata-kata Kunci: memerankan, hasil belajar, isi cerita, memerankan isi cerita fabel.
Download berkas