Penulis / NIM
SITI HAJIJA MOKOAGOW / 311413066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Siti Hajija Mokoagow. 2017. Kemampuan Menyampaikan Argumentasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Metode Debat pada Siswa Kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Kabila Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. 2017. Pembimbing I: Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd; Pembimbing II Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yakni (1) bagaimana kemampuan siswa kelas X MIA1 menyampaikan argumentasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode debat, (2) apa faktor/kendala yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam menyampaikan argumentasi, dan (3) bagaimana solusi agar siswa bisa aktif dalam menyampaikan argumentasi?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data (1) teknik observasi, (2) wawancara, (3) teknik dokumentasi, analisis data (1) mendeskripsikan bagaimana kemampuan menyampaikan argumentasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode debat pada siswa kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Kabila tahun pelajaran 2016/2017 (2) mendeskripsikan faktor/kendala yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam menyampaikan argumentasi, (3) mendeskripsikan solusi agar siswa bisa aktif dalam menyampaikan argumentasi, (4) menyimpulkan hasil penelitian sehingga dapat diketahui bagaimana kemampuan menyampaikan argumentasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode debat pada siswa kelas X MIA1 SMA Negeri 1 Kabila tahun pelajaran 2016/2017.
Hasil penelitian kemampuan siswa kelas X MIA1 menyampaikan argumentasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode debat di SMA Negeri 1 Kabila tahun pelajaran 2016/2017, 17 siswa yang memperoleh kategori baik sekali dengan total 50%, 14 siswa yang memperoleh kategori baik dengan total 41%, dan 3 siswa yang memperoleh kategori cukup dengan total 8%. Dengan demikian siswa menyampaikan argumentasi dengan tiga aspek menyampaikan argumentasi di atas kategori baik dengan nilai rata-rata 87,50 atau total 99%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode debat siswa mampu menyampaikan argumentasi. Disarankan guru perlu menerapkan metode debat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kata-kata kunci : kemampuan, menyampaikan, argumentasi, pembelajaran, metode debat.
Download berkas