SKRIPSI

Penulis / NIM
FARHA A. LAUMA / 311413069
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK Farha Lauma. 2017. Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Memahami Struktur Teks Diskusi pada Siswa Kelas VIII8/2 SMP Negeri 1 Telaga Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Sayama Malabar, M.Pd, dan Pembimbing II: Dr. Muslimin S.Pd, M.Pd. Model pembelajaran adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengonstruk konsep, fakta, hukum atau prinsip yang ditemukan. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk menunjang proses keberhasilan dalam proses pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif model CIRC. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana penerapan langkah-langkah model CIRC yang dilakukan guru dalam pembelajaran memahami struktur teks diskusi? (2) apa sajakah faktor-faktor yang menghambat penerapan model CIRC dalam pembelajaran memahami struktur teks diskusi? (3) upaya apa saja yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan penerapan model CIRC dalam pembelajaran memahami struktur teks diskusi? Tujuan penelitian ini untuk mendeskrisikan setiap langkah pada penerapan model, faktor penghambat, dan solusi pemecahan faktor penghambat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah RPP, dan penerapan model. Sumber data proses pembelajaran CIRC guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik dianalisis dengan cara mengidentifikasi kesesuaian isi RPP dan kekurangan langkah-langkah penerapan CIRC menganalisis, mendeskripsikan, menetapkan, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) penerapan model CIRC dalam pembelajaran memahami struktur teks diskusi sudah sesuai dengan langkah-langkah penerapan CIRC. Namun, setiap langkah terdapat beberapa kekurangan; (2) faktor-faktor yang menghambat penerapan model CIRC yang dialami guru dalam pembelajaran memahami struktur teks diskusi yaitu faktor penyajian metari, faktor model pembelajaran, faktor waktu, dan faktor media pembelajaran; (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan penerapan model CIRC dalam pembelajaran memahami struktur teks diskusi yaitu penyajian materi dimaksimalkan, model pembelajaran perlu penguasaan secara maksimal, pengaturan waktu seefektif dan seefisien mungkin, dan media pembelajaran pengadaan fasilitas buku bahasa indonesia dan LCD. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model penerapan CIRC dalam pembelajaran memahami struktur teks diskusi sudah sesuai dengan langkah-langkahnya. Namun masih terdapat kekurangan pada langkah ke 1 (satu), langkah ke 3 (tiga), langkah ke 4 (empat), dan langkah ke 9 (sembilan). Kata kunci: penerapan, model cooperative integrated reading and composition (circ), teks diskusi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011