Penulis / NIM
PUSPA DEWI PUTRI MAUKE / 311413077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Puspa Dewi Putri Mauke, 2017. Pembelajaran Menulis Surat Dinas dengan Strategi Belajar Konstruktivisme Pada Siswa Kelas VII/2 SMP Negeri 1 Dulupi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd, Pembimbing II Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh deskripsi (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan dalam pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi, (2) pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas dengan strategi belajar konstruktivisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi, (3) hasil pembelajaran menulis surat dinas dengan strategi belajar konstruktivisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi, dan (4) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas dengan strategi belajar konstruktivisme pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi tahun pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan (1) RPP yang digunakan guru pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi sudah sesuai dengan komponen RPP yang ada dalam Permen No.41 Tahun 2007 tentang standar proses. (2) Langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran pada tahap konfirmasi yaitu pada pelaksanaan akhir kegiatan pembelajaran guru hanya melakukan evaluasi dan refleksi. Pada kegiatan akhir pembelajaran guru tidak memberikan tugas akhir kepada siswa karena keterbatasan waktu. (3) hasil pembelajaran menulis surat dinas dengan strategi belajar konstruktivisme dilihat dari hasil belajar menunjukan bahwa dari 22 orang siswa yang diberikan tugas menulis surat dinas dengan strategi belajar konstruktivisme nilai diperoleh tidak terdapat nilai di bawah KKM. (4) Hal tersebut disebabkan oleh hambatan-hambatan yang guru temui yaitu guru masih didominan penggunaan metode ceramah, penggunaan waktu, guru belum memaksimalkan media pembelajaran, belum semua ruangan kelas terpasang aliran listrik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa. Pembelajaran, menulis, surat dinas, dan strategi belajar konstruktivisme. Sangat membantu siswa mudah memahami materi, sehingga siswa dapat mengonstruksi pengetahuan berdasarkan pengalaman yang mereka dapatkan tentang penyusunan sistematika dan cara menulis surat dinas dengan baik.
Kata kunci: pembelajaran, menulis, surat dinas, konstruktivisme.
Download berkas