Penulis / NIM
NOVIYANA AKUBA / 311413087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Noviyana Akuba. 2017. Meningkatkan Kemampuan Menyunting Karangan Dengan Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IX-A MTs Negeri Suwawa Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum.
Menyunting adalah suatu kegiatan mengedit, mengubah, atau merapikan susunan letak penggunaan bahasa sebuah naskah tanpa mengubah makna. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyunting karangan dengan memperhatikan aspek ejaan, pilihan kata, keefektifan kalimat, dan keterpaduan paragraf melalui metode Kooperatif tipe Jigsaw.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX-A MTs Negeri Suwawa selama 1 bulan, yaitu mulai tanggal 23 Februari sampai tanggal 23 Maret 2017, tahun pelajaran 2016/2017. Siswa yang menjadi subjek penelitian adalah kelas IX-A MTs Negeri Suwawa yang berjumlah 21 orang, dengan rincian 9 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan datanya yakni observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi-evaluasi, dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat yaitu terdapat 22 aspek (57.9%) berkategori sangat baik dan baik, pada siklus II menjadi 37 aspek (97.37%) berkategori sangat baik dan baik. Kegiatan siswa juga meningkat yaitu 8 orang (38.8%) berkategori sangat baik dan baik, dan pada siklus II menjadi 10 orang (47.98%). Selain itu, pada kemampuan siswa menyunting karangan juga terjadi peningkatan yakni, pada siklus I ditemukan dari 21 siswa hanya ada 9 orang siswa (42.86%) yang mampu menyunting karangan dengan benar. Pada siklus II kemampuan menyunting karangan dapat ditingkatkan dari 9 orang atau 42.86 % menjadi 16 orang siswa atau 76.19 %. Jadi, 5 siswa atau 23.80 % belum tuntas, dan masih perlu mendapatkan bimbingan yang lebih lanjut.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran menyunting karangan dapat meningkatkan kemampuan menyunting pada siswa kelas IX-A MTs Negeri Suwawa. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada beberapa pihak yaitu guru bahasa Indonesia, siswa, dan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
Kata-kata kunci: menyunting karangan, metode Kooperatif tipe Jigsaw
Download berkas