Penulis / NIM
FATMAWATI OKA / 311413091
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Fatmawati Oka. 2017. Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pembaca dengan Menggunakan Strategi Learning Community pada Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 2 Tilamuta Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: 1. Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum, 2. Dr. Fatmah AR Umar, M.Pd.
Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, majalah yang berisi sebuah tanggapan, saran, keluhan, ajakan, himbauan, ucapan terima kasih, dan lain sebagainya. Masalah dalam penelitian adalah bagaimana meningkatkan keterampilan menulis surat pembaca menggunakan strategi learning community pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Tilamuta. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX SMP Negeri 2 Tilamuta selama 1 bulan, yaitu mulai tanggal 8 maret sampai tanggal 8 april 2017, tahun pelajaran 2016/2017. Peserta didik yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Tilamuta yang berjumlah 26 orang, dengan rincian perempuan 9 orang dan laki-laki 17 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Data diolah secara kuntitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu jika 70% kegiatan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran mencapai kategori sangat baik dan baik, jika 70% keaktifan peserta didik mencapai kategori sangat baik dan baik, jika 70% dari jumlah peserta didik memperoleh nilai yang merupakan standar ketuntasan minimal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kegiatan guru dalam proses pembelajaran meningkat, siklus I sebanyak 26,32% kategori baik dan sangat baik dan pada siklus II menjadi 89,47% kategori baik dan sangat baik. Kegiatan peserta didik juga meningkat, pada siklus I yaitu 11,12% kategori baik dan pada siklus II menjadi 88,89% kategori baik dan sangat baik. Selain itu, kemampuan peserta didik dalam menulis surat pembaca meningkat, yakni ketuntasan klaksikal 46,16% (belum tuntas) siklus I dan ketuntasan klaksikal sebesar 88,46% (Tuntas) pada siklus II.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi learning community dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis surat pembaca.
Kata kunci: menulis, surat pembaca, strategi learning community
Download berkas