SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIANI IBRAHIM / 311413093
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Abstrak
ABSTRAK Yuliani Ibrahim. 2018. Pembelajaran Menyusun Surat Lamaran Pekerjaan pada Siswa Kelas XII SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum; Pembimbing II: Dr. Sance A. Lamusu, M.Hum Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk RPP yang digunakan guru, proses pembelajaran, dan proses evaluasi pembelajaran menyusun surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yaitu RPP, aktivitas siswa dan guru, proses pembelajaran, dan proses evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, menyajikan data, dan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh bahwa (a) RPP yang dibuat guru telah sesuai dengan komponen dari Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses, perumusan tujuan pembelajaran sesuai dengan KD, hanya saja kata-katanya hampir sama dengan KI. IPK yang pertama sama persisi dengan KD. Kegiatan inti pembelajaran tidak sesuai dengan model pembelajaran yang digunakan yaitu project based learning. (b) proses pembelajaran menyusun surat lamaran pekerjaan yang dilakukan guru belum sesuai dengan RPP, ada beberapa yang tidak dilaksanakan yaitu pada kegiatan inti guru tidak melaksanakan beberapa kegiatan yang tertulis dalam RPP karena SMA Terpadu Wira Bhakti telah menggunakan aplikasi pembelajaran yaitu aplikasi virtual class dan pada kegiatan penutup yang tidak dilakukan guru yaitu kegiatan (1) mengadakan penilaian harian; (2) mengadakan refleksi dengan cara meminta pendapat siswa tentang belajar hari ini; dan (3) siswa mengakhiri proses pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah, (c) evaluasi yang dilakukan guru yaitu siswa menyusun surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan dan inisiatif sendiri, sedangkan bentuk penilaian evaluasi yang digunakan guru yaitu ketepatan isi dengan kriteria dan kesesuaian dengan sistematika dari surat lamaran pekerjaan itu sendiri. Dapat disimpulkan bahwa, RPP yang digunakan guru telah sesuai dengan komponen-komponen dalam Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar proses. Kegiatan inti yang dilakukan guru dalam proses KBM belum sesuai dengan RPP yang digunakan guru dan proses KMB tidak sesuai dengan metode pembelajaran yang dipakai yaitu project based learning. Sedangkan, pada evaluasi pembelajaran dan teknik penilaian yang digunakan guru sudah sesuai dengan kompetensi dasar menyusun surat lamaran pekerjaan. Kata-kata Kunci: pembelajaran, menyusun, surat, lamaran, pekerjaan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011