Penulis / NIM
IGAJADWAR BATALEMBA / 311413122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
ZILFA ACHMAD BAGTAYAN, S.Pd, M.A / 0001048601
Abstrak
ABSTRAK
Igajadwar, Batalemba. 2017. Nilai-nilai Didaktis dalam Novel Maling Republik karya Soenaryono Basuki Ks dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd dan Pembimbing II. Zilfa Achmad Bagtayan, S.Pd., M.A.
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik yang membangun novel, mendeskripsikan nilai-nilai didaktis novel, serta mendeskripsikan implementasi nilai-nilai didaktis novel Maling Republik karya Soenaryono Basuki Ks. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural novel.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik membaca, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini berupa mengidentifikasi bagian-bagian teks novel berdasarkan unsur intrinsik dan jenis-jenis nilai didaktis, mengklasifikasikan menganalisis, mendeskripsikan, dan menyimpulkan hasil analisis data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa unsur-unsur intrinsik yang membangun novel yaitu: tema: perjuangan, alur: maju, latar tempat: di markas, di Pos Belanda, di rumah Budiman, di rumah Papik, di rumah Solihin dan di Desa, latar waktu: malam hari, pagi hari, sore hari, subuh, zaman sebelum perang, zaman penjajahan, zaman awal kemerdekaan, empat bulan, tahun lima puluhan, tahun enam puluhan, bulan Agustus, dan zaman pembangunan, latar suasana: tegang, panik, mencekam, sedih, sepi, ramai, haru, bahagia, dan gembira, sudut pandang: sudut pandang orang ketiga, tokoh dan penokohan: Budiman protagonis, Solihin protagonis, pak Imam protagonis, Rusmin antagonis, Toyiman protagonis, Wahab protagonis, Papik tokoh berkembang, gaya bahasa: perbandingan dan pertentangan, amanat: orang jahat bisa berubah menjadi baik, nilai-nilai didaktis yang terkandung dalam novel ini berupa nilai relijius: sholat tepat waktu dan khusyuk, nilai moral: perbuatan jahat akan merugikan orang lain: nilai sosial: tolong menolong, bakti terhadap orang tua dan toleransi dalam masyarakat, nilai budaya: sendok kayu, blantik, benggol, sadermo nglakoni, Implementasi hasil penelitian novel Maling Republik sebagai bahan ajar bahasa Indonesia di SMA dapat dijadikan materi pembelajaran karena relevan dengan silabus matapelajaran di SMA baik oleh Kemendiknas pada KTSP maupun oleh Kemendikbud pada Kurikulum 2013. Novel Maling Republik mengandung unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik diimplementasikan pada siswa untuk menemukan tema, alur, latar, tokoh dan penokohan, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat. Unsur ekstrinsik pada novel diimplementasikan untuk menemukan nilai-nilai didaktis yang terdapat dalam novel berupa nilai religius, nilai moral, nilai sosial, dan nilai budaya.
Kata-kata kunci: nilai didaktis, novel, pendekatan struktural
Download berkas