Penulis / NIM
MAGHFIRAH SAIDA / 311413123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstrak
Permasalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (a) proses pelaksanaan pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti Tahun Pelajaran 2017/2018, (b) hasil pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti Tahun Pelajaran 2017/2018. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan proses pelaksanaan dan hasil pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti Tahun Pelajaran 2017/2018
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah seluruh informasi yang diperoleh dari hasil observasi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu melalui teknik observasi dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan cara, mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis, mendeskripsikan dan menyimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) proses pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode Discovery Learning pada siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah metode pembelajaran Discovery Learning (b) keberhasilan pembelajaran dengan metode Discovery Learning pada struktur teks prosedur 86 % dan kebahasaan teks prosedur 76 %.
Simpulan dari penelitian ini, proses pelaksanaan pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI SMA Terpadu Wira Bhakti dilaksanakan sudah sesuai dengan metode pembelajaran Discovery Learning, dan hasil pembelajaran menyatakan bahwa siswa sudah mampu menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dengan menggunakan metode Discovery Learning.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, discovery learning, menganalisis, teks prosedur, hasil pembelajaran
Download berkas