Penulis / NIM
HASRULLAH H. AKUBA / 311413125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X IPA 1 SMA Terpadu Wira Bhakti tahun pelajaran 2017/2018, (2) mendeskripsikan kemampuan menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X IPA 1 SMA Terpadu Wira Bhakti tahun pelajaran 2017/2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yakni teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan cara mengidentifikasi, menganalisis, mendeskripsikan dan menyimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD Pada siswa kelas X IPA 1 SMA Terpadu Wira Bhakti tahun pelajaran 2017/2018 sudah terlaksana dengan baik. (2) ) keberhasilan penerapan metode kooperatif tipe STAD dalam pelaksanaan pembelajaran dan kemampuan siswa mencapai 82%, sehingga menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi dan menginterpretasi isi teks sudah dikategorikan tuntas. Dapat disimpulkan pembelajaran menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X IPA 1 SMA Terpadu Wira Bhakti tahun pelajaran 2017/2018 sudah maksimal karena hasil menentukan gagasan pokok teks laporan hasil observasi dan menginterpretasi isi teks siswa telah mencapai kriteria kekuntasan minimal Pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata-kata kunci: pembelajaran, kooperatif tipe STAD, menginterpretasi, teks laporan hasil observasi
Download berkas