Penulis / NIM
SUGIYANTI / 311413127
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
ABSTRAK
Sugiyanti. 2017. Penerapan Metode Think Talk Write (TTW) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Persuasif pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd (Pembimbing I) dan Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd (Pembimbing II).
Permasalahan dalam penelitian ini (1) bagaimanakah penerapan metode TTW dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif, (2) bagaimanakah keberhasilan penerapan metode TTW, (3) apa sajakah hambatan-hambatan yang muncul dalam penerapan metode TTW, dan ? (4) bagimanakah upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam penerapan metode TTW dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Suwawa tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan dalam penelitian ini (1) mendeskripsikan penerapan metode TTW, (2) mendeskripsikan keberhasilan penerapan metode TTW, (3) mendeskripsikan hambatan-hambatan yang muncul, (4) mendeskripsikan upaya mengatasi hambatan dalam penarapan metode TTW dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Suwawa tahun pelajaran 2016/2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari proses pembelajaran, guru, siswa, RPP, dan silabus. Data penelitian bersumber dari hasil observasi, hasil wawancara, tes, dan dokumen. Adapun tahap-tahap analisis data, yaitu menyalin data hasil observasi penerapan metode TTW dalam proses pembelajaran, menganalisis keberhasilan penerapan metode TTW, mengidentifikasi hambata-hambatan dalam penerapan metode TTW, menetapkan upaya mengatasi hambatan-hambatan penerapan metode TTW, dan menyimpulkan hasil penelitian agar dapat mengetahuai penerapan metode TTW.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode TTW dalam pembelajaran menulis paragraf persuasif belum dilaksanakan dengan maksimal. Disebabkan kurangnya pemahaman guru terhadap metode TTW. (2) keberhasilan penerapan metode TTW 74%, dari 18 siswa, bahwa 11 siswa sudah tuntas menulis paragraf persuasf dan 7 siswa belum tuntas dalam menulis paragraf persuasif. (3) hambata-hambatan yang muncul yaitu guru kurang teliti melaksanakan tahapan dalam RPP, guru kurang memaksimalkan waktu pembelajaran, guru kurang menyeluruh dalam menjelaskan materi pembelajaran, dan guru kurang paham dengan metode pembelajaran, guru kurang memanfaatkan media pembelajaran, siswa kurang disiplin, dan siswa tidak aktif dalam pembelajaran. (4) upaya untuk mengatasi hambatan, yaitu guru harus lebih teliti dalam melaksanakan tahapan-tahapan dalam RPP, guru harus memaksimalkan waktu pembelajaran, memberi penjelasan materi secara menyeluruh, memahami setiap metode pembelajaran, memanfaatkan media dalam proses pembelajaran, mendisplinkan siswa, dan mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan metode TTW belum dilaksanakan dengan maksimal. Keberhasilan penerapan metode TTW menunjukan 74%, dari 18 siswa yang tuntas 11 siswa dan belum tuntas 7 siswa. Disebabkan oleh hambata yang guru temui yaitu guru kurang teliti melaksanakan RPP, waktu, materi, dan metode, media, siswa kurang disiplin, dan tidak aktif. Upaya untuk mengatasi hambatan, yaitu guru lebih teliti dalam melaksanakan RPP, waktu, materi, memahami metode, memanfaatkan media dan guru harus mendisplinkan siswa dalam pembelajar.
Kata kunci: Menulis, metode Think Tlak Write, paragraf persuasif, dan hasil belajar
Download berkas