Penulis / NIM
FAHRIA HOU / 311413128
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
Fahria Hou. 2019.Penggunaan Bahasa dalam Interaksi Belajar Mengajar di SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito. Pembimbing I Prof. Sayama Malabar, M.Pd. dan pembimbing II Prof. Dr. Supriadi, M.Pd. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana variasi pilihan bahasa yang digunakan oleh guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar di kelas rendah dan kelas lanjut di SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito? (2) bagaimana pola penggunaan bahasa yang digunakan oleh guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar di kelas rendah dan kelas lanjut SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan variasi pilihan bahasa yang digunakan guru dan siswa dalam interaksi belajar megajar di kelas rendah dan kelas lanjut SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito, (2) mendeskripsikan pola penggunaan bahasa yang digunakan guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar oleh siswa kelas rendah dan kelas lanjut SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito.
Penelitian ini di laksankan di SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito. metode yang digunakan yaitu metode deskriftif dan jenis penelitian deskriftif kualitatif. data penelitian berupa variasi pilihan bahasa dan pola penggunaan bahasa di kelas rendah dan kelas lanjut di SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito. sumber datanya diperoleh dari tuturan guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar di kelas rendah dan kelas lanjut di SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito. Data-data tersebut dikumpulkan menggunakan teknik simak, teknik catat dan teknik sadap ( Rekam). Data yang diperoleh dianalisis dengan cara menyalin data simak / rekam ke dalam bentuk tulisan, membaca berulang-ulang hasil catatan isi teks percakapan guru dan siswa, memahami kalimat-kalimat yang merupakan variasi pilihan bahasa dan pola penggunaan bahasa, menentukan, mengidentifikasikan, menganalisis, menyimpulkan dan mendeskripsikan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Variasi pilihan bahasa yang digunakan guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar di kelas rendah dan kelas lanjut SDN 1 Tomilito desa Dambalo kecamatan Tomilito terdapat berbagai bentuk variasi pilihan bahasa berupa variasi alih kode dan campur kode yang terjadi dalam interaksi belajar mengajar di kelas rendah da kelas lanjut di SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito, terdiri dari alih kode dengan bahasa Indonesia (BI) ke bahasa Melayu (BM) dan bahasa Gorontalo(BG) ke Bahasa Indonesia (BI) begtu pula dengan campur kode, campur kode dengan kode dasar (BI) dan campur kode dengan kode dasar (BG). (2) pola penggunaan bahasa yang digunakan guru dan siswa dalam interaksi belajar mengajar di kelas rendah dan kelas lanjut di SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito, hasil kajian sosiolinguistik penggunaan bahasa dalam interaksi belajar mengajar di SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito menunjukan ada dua pola yaitu pola Bahasa Indonesia (BI) dan Bahasa Melayu (BM) atau BI+BM dan pola Bahasa Gorontalo (BG) dan Bahasa Indonesia (BI) atau BG+BI.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa dalam interaksi belajar mengajar di SDN 1 Tomilito desa Dambalo Kecamatan Tomilito pada berbagai ranah terjadi peristiwa alih kode dan campur kode dalam interaksi belajar mengajar, baik dalam penggunaan variasi pilihan bahasa maupun pola penggunaan bahasa yang paling dominan penggunaan Bahasa Melayu dan Bahasa Gorontalo.
Kata-kata kunci: penggunaan, bahasa, interaksi, belajar, mengajar
Download berkas