SKRIPSI

Penulis / NIM
YULAN DIDIPU / 311413130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Abstrak
ABSTRAK Yulan Didipu. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Slogan dan Poster pada Siswa KelasVIII SMP Negeri 2 Kabila Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum; Pembimbing II Dr. Sance A. Lamusu, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini 1) perencanaan pelaksanaan pembelajaran menulis slogan dan poster pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kabila Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) proses pelaksanaan pembelajaran menulis slogan dan poster pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kabila tahun pelajaran 2016/2017 3) evaluasi pembelajaran menulis slogan dan poster pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kabila 4) faktor penghambat yang dihadapi dalam proses pembelajaran menulis slogan dan poster pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kabila? 5) solusi terhadap hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran menulis slogan dan poster pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kabila Tahun Pelajaran 2016/2017?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis slogan dan poster. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran yaitu berdasarkan analisis data berupa menelaah data komponen RPP, menyalin dan menguraikan data hasil observasi, menganalisis data hasil evaluasi, mengidentifikasi faktor-faktor penghambat, menetapkan upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran, dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) RRP yang digunakan guru belum sepenuhnya sesuai dengan komponen-komponen penyusunan RPP karena tidak mencantumkan indikator pencapaian kompetensi, (2) proses pelaksanaan pembelajaran menulis slogan dan poster dilakukan melalui tiga tahap, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, yang terdiri dari kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, dan kegiatan penutup. Tetapi, pada kegiatan penutup guru tidak melakukan refleksi dan tindak lanjut terhadap hasil pembelajaran yang diajarkan. (3) bentuk penilaian atau soal yang dibuat guru belum sepenuhnya diberikan kepada siswa yaitu menunjukkan jenis-jenis slogan dan poster (4) hambatan-hambatan dalam pembelajaran yakni bersumber dari siswa yang kurang disiplin, kurangnya materi yang diberikan guru, kurangnya pengoptimalan media yang digunanakan guru, bisingnya suara kendaraan, dan siswa yang mondar-mandir di depan kelas (5) upaya dalam mengatasi hambatan yakni guru harus lebih memperhatikan dan melaksanakan seluruh kegiatan yang ada pada RPP, guru mencantumkan indikator pencapaian kompetensi pada RPP, guru memberikan soal menunjukkan jenis-jenis slogan dan poster kepada siswa, mendisiplinkan siswa dengan cara menegur mereka agar tidak ribut, pemaksimalan media pembelajaran oleh guru, guru perlu memperbanyak dan memperluas materi pembelajaran, pengoptimalan strategi pembelajaran oleh guru, dan menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis slogan dan poster pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kabila belum sepenuhnya maksimal. Kata-kata kunci: pelaksanaan pembelajaran, menulis, slogan, poster, siswa SMP
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011