SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRI M. BULONGGONG / 311413132
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK Indri M. Bulonggong. 2018. Pembelajaran Menulis Kembali Dongeng yang Didengar dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bunobogu Kabupaten Buol Tahun pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. Sayama Malabar,M.Pd. (Pembimbing I) dan Dr. Asna Ntelu, M. Hum (Pembimbing II). Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) pelaksanaan pembelajaran menulis kembali dongeng yang didengar dengan menggunakan media audio visual, (2) hasil belajar siswa menulis kembali dongeng yang didengar dengan menggunakan media audio visual, dan (3) faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran menulis kembali dongeng yang didengar dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bunobogu Kabupaten Buol Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan faktor-faktor penghambat dalam pembelajaran menulis kembali dongeng yang didengar dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bunobogu Kabupaten Buol tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini terdiri atas, pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan faktor-faktor penghambat. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan proses pelaksanaan pembelajaran. Data-data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis dengan cara menyalin data hasil observasi dari rekaman ke dalam bentuk tulisan, mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses pelaksanaan pembelajaran, menganalisis setiap tahap kegiatan pembelajaran, mengidentifikasi hasil wawancara, menganalisis setiap faktor penghambat, membahas hasil temuan penelitian, dan menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data, maka hasil penelitan ini menunjukkan: (1) proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran menulis kembali dongeng yang didengar tidak sesuai dengan tahapan RPP yang digunakan guru, (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis kembali dongeng yang didengar dengan menggunakan media audio visual memperoleh nilai rata-rata 84. Dari 18 siswa, 14 orang sudah tuntas, dan 4 siswa belum tuntas, (3) faktor-faktor penghambatnya yaitu (a) guru kurang teliti melaksanakan tahapan pembelajaran yang ada pada RPP (b) guru langsung menjelaskan teori dongeng, (c) evaluasi hasil belajar siswa, hanya diambil dari tugas pada kegiatan inti. Simpulannya bahwa pembelajaran menulis kembali dongeng yang didengar dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bunobogu tahun pelajaran 2017/2018 belum dilaksanakan dengan maksimal. Hal ini dibuktikan oleh pelaksanaan pembelajaran tidak dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang terdapat dalam RPP. Kata-kata Kunci: pembelajaran, menulis, dongeng, media, audio visual.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011