Penulis / NIM
JULAEHA / 311413137
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Julaeha. 2017. Pembelajaran Menyampaikan Persetujuan, Sanggahan, dan Penolakan Pendapat dalam Diskusi Disertai dengan Bukti atau Alasan pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Bukal Kabupaten Buol Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd (Pembimbing I) dan Dr. Muslimin, M.Pd (Pembimbing II).
Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh deskripsi (a) RPP yang dibuat oleh guru dalam pembelajaran menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bukal Kabupaten Buol tahun pelajaran 2016/2017, (b) pelaksanaan proses pembelajaran menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bukal Kabupaten Buol tahun pelajaran 2016/2017, (c) faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bukal Kabupaten Buol tahun pelajaran 2016/2017, (d) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hamabatan yang muncul dalam pelaksanaan proses pembelajaran menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bukal Kabupaten Buol tahun pelajaran 2016/2017.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah seluruh informasi yang diperoleh dari hasil observasi, proses pembelajaran, hasil wawancara guru, hasil wawancara siswa, dan RPP yang dibuat oleh guru. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumen.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (a) RPP yang dibuat oleh guru belum seluruhnya sesuai dengan rambu-rambu RPP, (b) pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan tiga tahap yakni kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Namun, pada kegiatan akhir tidak dilaksanakan kegiatan menyimpulkan hasil tampilan siswa dalam membawakan acara kegiatan, dan guru tidak melakukan penilaian atau evaluasi setelah proses pembelajaran selesai, (c) faktor-faktor yang menghambat yakni guru kurang memperhatikan rambu-rambu RPP, guru kurang memperhatikan semua siswa ketika proses pembelajaran, siswa kurang mampu dalam mengemukakan pendapat, faktor nonkebahasaan yang kurang dikuasai siswa, siswa kurang disiplin dan kurang perhatian dalam mengikuti pembelajaran, (d) upaya untuk mengatasi hambatan yang muncul yakni memperhatikan kembali langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang sudah direncanakan d alam RPP, memperhatikan semua siswa dan memberikan motivasi untuk siswa, membuat kelompok belajar, sering berlatih dalam berdiskusi, rajin bertanya kepada guru, siswa diberikan tanggung jawab agar memiliki peran masing-masing dalam pembelajaran ketika berdiskusi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bukal Kabupaten Buol tahun pelajaran 2016/2017 belum maksimal.
Kata kunci: Pembelajaran, sanggahan, penolakan, pendapat, diskusi
Download berkas