Penulis / NIM
MEYLAN ISHAK / 311414006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Meylan Ishak. Pembelajaran Menyusun Teks Pantun pada Siswa Kelas X Tuna rungu SLB Negeri Kabupaten Gorontalo Tahun Pelajaran 2017/2018. Pembimbing I: Dr. Fatma AR. Umar, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Muslimin, M.Pd. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (a) rencana pelaksanaan pembelajaran menyusun teks pantun pada siswa SMA kelas X Tuna Rungu SLB Negeri Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018, (b) proses pelaksanaan pembelajaran menyusun teks pantun pada siswa SMA kelas X Tuna Rungu SLB Negeri Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dari mentranskip hasil observasi, mentranskip hasil wawancara, membaca dan mengkategorikan data, menghubungkan data, menginterpretasi data, menyusun laporan penelitian, dan menyimpulkan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) komponen-komponen yang terdapat dalam RPP yang dibuat oleh guru belum sesuai atau saling berkaitan, antara lain tentang perumusan komponen indikator belum sesuai dengan kompotensi dasar, kejelasan dan kelengkapan cakupan rumusan. Komponen materi pembelajaran belum sesuai dengan kompotensi dasar, pemilihan metode pembelajaran belum sesuai dengan tujuan, materi, karateristik siswa, dan alokasi waktu. (b) proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh guru melalui 3 tahap yakni kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Namun, pada setiap langkah kegiatan pembelajaran tersebut masih ada beberapa poin yang tidak dilaksanakan guru. Kemudian setelah proses pembelajaran guru tidak melakukan penilaian terhadap siswa menggunakan rubik penilaian.
Berdasarkan hasil peneletian dapat disimpulkan bahwa RPP yang dibuat oleh guru belum seluruhnya sesuai atau saling berkaitan, kemudian proses pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui 3 tahap yakni kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. setelah mengamati pelaksanaan pembelajaran ada beberapa karekteristik siswa pada saat belajar yakni karakteristik dari segi fisik, segi bahasa dan segi kepribadian. Peneliti menyarankan agar pembelajaran menyusun teks pantun lebih ditingkatkan kembali, guru juga lebih memperhatikan penyusunan RPP dan memperhatikan karakteristik setiap siswa, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan maksimal.
Kata-kata Kunci: perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran, menyusun, teks pantun, tuna rungu.
Download berkas