Penulis / NIM
RIDHAYATI / 311414016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Abstrak
ABSTRAK
Ridhayati. 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Teks Fabel pada Siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Mandel Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Gorontalo. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Fatmah AR Umar, M.Pd., dan Pembimbing II, Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) rencana pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Mandel, (2) pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Mandel, (3) bentuk penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Mandel.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Penggunaan metode deskriptif yaitu untuk menguraikan menjelaskan dan menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat kaitannya dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi, (2) studi dokumen. Teknik observasi yang digunakan adalah untuk mengetahui kesesuaian RPP yang digunakan oleh guru dan peleksanaan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks fabel. Teknik observasi yang digunakan mempunyai instrumen penilaian sebagai panduan peneliti dalam melakukan penelitian. Studi dokumen yaitu teknik penilaian yang digunakan untuk menganalisis RPP yang digunakan oleh guru dan penilaian yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran. Data dalam penelitian ini yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi teks fabel pada siswa kelas VII SMP Negeri Satu Atap Mandel.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa (1) RPP yang digunakan guru belum sesuai dengan RPP dalam kurikulum 2013 karena masih ada komponen dalam RPP tersebut yang belum memenuhi kriteria RPP dalam kurikulum 2013 yaitu penggunaan kata kerja operasional dalam perumusan indikator belum tepat dan metode pembelajaran belum dicantumkan, (2) dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan belum menunjukkan pendekatan saintifik dan motode pembelajaran yang belum jelas, tetapi jika dilihat berdasarkan hasil analisis, guru menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah. (3) penilaian yang digunakan guru adalah penilaian sikap dalam bentuk jurnal harian dan penilaian pengetahuan dalam bertuk uraian. Masih banyak penilaian yang bisa dilkukan oleh guru dalam penilaian seperti penilaian diri, penilaian antar peserta didik, dan penilaian keterampilan dalam pembelajaran.
Kata-kata Kunci: pelaksanaan, pembelajaran, mengidentifikasi, teks fabel.
Download berkas