Penulis / NIM
WINDA SITA DEWI / 311414027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Winda Sita Dewi. 2018. Penerapan Metode Think Pair Share (TPS) pada Pembelajaran Menulis Puisi Siswa Kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Modayag Tahun Pelajaran 2017/2018. Pembimbing I Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum dan Pembimbing II Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah memperoleh deskripsi penerapan metode Think Pair Share (TPS) pada pembelajaran menulis puisi siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Modayag tahun pelajaran 2017/2018.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu menyajikan data tentang pelaksanaan pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Modayag tahun pelajaran 2017/2018, faktor-faktor penghambat pembelajaran dan solusi untuk menyelesaikan hambatan yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi observasi, wawancara dan dokumen. Data dikumpulkan dengan teknik proses pembelajaran menulis puisi dengan penerapan metode Think Pair Share. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menjadi guru dalam proses pembelajaran menulis puisi dengan penerapan metode Think Pair Share dan melihat hasil belajar siswa.
Berdasarkan analisis hasil penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi dengan penerapan metode Think Pair Share. Prose pembelajaran menunjukkan bahwa guru masih kurang dalam menerapkan metode Think Pair Share pada proses pembelajaran. Guru juga tidak mempersiapkan dengan baik siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga membuat keadaan kelas agak kacau. Namun pada proses pembelajaran menulis puisi hanya 3 orang siswa yang sulit untuk menentukan pilihan kata yang tepat dalam menulis puisi. Sedangkan yang lainnya sudah bisa menulis puisi sesuai dengan kelompok masing-masing. Pada proses pembelajaran ada beberapa faktor penghambat yang bersumber dari siswa, guru dan media pembelajaran. Sehingga membuat pembelajaran kurang berjalan dengan baik tetapi hasil belajar sudah baik hanya saja proses pembelajarannya belum terlaksana dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Think Pair Share dapat meningkatkan pembelajaran siswa pada pembelajaran menulis puisi siswa kelas X IPA! SMA Negeri1 Modayag.
Kata-kata Kunci: penerapan, metode, Think Pair Share, proses pembelajaran, menulis, puisi.
Download berkas