Penulis / NIM
ARLINAWATI TUAHUNSE / 311414028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
ABSTRAK
Arlinawati Tuahunse 2018. "Pembelajaran Menulis Puisi dengan Memperhatikan Unsur Pembangunnya dengan Menggunakan Metode Drill pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Paguyaman Tahun Pelajaran 2017/2018. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I; Dr. Muslimin, S.Pd, M.Pd. dan pembimbing II; Dr. Sitti Rachmi Masie, M.Pd.
Perumusan dalam penelitian ini (1) bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode drill pada siswa, (2) bagaimanakah hasil belajar menulis puisi dengan menggunakan metode drill pada siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penggunaan metode deskriptif kualitatif ini untuk menguraikan, menjelaskan atau menggambarkan sesuai dengan permasalahan yang erat kaitannya dengan penelitian ini. Data dalam penelitian ini adalah,(1) proses pelaksanaan pembelajaran, (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode drill. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik observasi, (2) teknik wawancara, dan (3) teknik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh informasi bahwa (1) Proses pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode drill belum terlaksanakan sepenuhnya karena alokasi waktu yang tidak cukup, (2) proses penilaian yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode drill sesuai dengan instrumen yang ada dalam RPP. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Paguyaman tahun pelajaran 2017/2018 belum telaksanakan secara maksimal, namun hasil yang diperoleh dalam pembelajaran sudah memuaskan atau termasuk pada kategori baik.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, menulis, metode, puisi, drill
ABSTRACT
Tuahunse, Arlinawati. 2018The Use of Drill Method in Learning Poetry Writing Focused on Its Construction Elements (A Case Study in Grade X Senior High School of SMA Negeri 1 Paguyaman, Academic Year of 2017-2018) Undergraduate Thesis. Department of Indonesian Language and Literature.Faculty of Letters and Culture.UniversitasNegeriGorontalo. Principal Supervisor: Muslimin, S.Pd, M.Pd. Co-supervisor: SittiRachmiMasie, M.Pd.
The problem formulation of this research covers (1) the implementation of drill method, and (2) studentsâ poetry writing result.
This research is a descriptive qualitative study with a descriptive method to present the data. This method is used to outline, explain, or describe a problem that closely related to this research. The data of this research are (1) the learning process, and (2) students result. The data were obtained through (1) observation technique, (2) interview technique and (3) documentation technique.
The results show that (1) The drill method is not fully implemented in this class due to the lack of time, (2) the assessment process on learning poetry writing by using drill method corresponds to the instruments written on Lesson Plan. Therefore, it can be concluded that learning poetry writing by using drill method in grade X Senior High School of SMA Negeri 1 Paguyamanis not fully implemented. However, the result is satisfying and well-categorized.
Keywords: learning, writing, method, poetry, drill.
Download berkas