Penulis / NIM
NURAWIN ITY / 311414029
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SANCE LAMUSU, M.Hum / 0030086305
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstrak
ABSTRAK
Nurawin Ity. 2018. Pembelajaran Mengungkapkan Hal-hal yang dapat Diteladani dari Tokoh dalam Teks Biografi dengan Menggunakan Metode Snowball Throwing pada Siswa Kelas X IPA3 SMA Negeri 1 Kabila Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Sance A. Lamusu, M.Hum., Pembimbing II: Dr. Herson Kadir, S.Pd, M.Pd.
Pembelajaran mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dengan menggunakan berbagai metode sangat penting di sekolah untuk mempermudah guru dalam proses pembelajaran, meningkatkan semangat siswa, dan menambah kemampuan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) proses pembelajaran mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dengan menggunakan metode Snowball Throwing pada siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 1 Kabila; (2) hasil belajar siswa mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dengan menggunakan metode Snowball Throwing pada siswa kelas X IPA3 SMA Negeri 1 Kabila.
Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi hasil belajar siswa, pemberian nilai, menyimpulkan hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, proses pembelajaran dan hasil belajar siswa menggunakan metode snowball throwing melalui pembelajaran mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi. Data penelitian ini adalah gambaran proses dan hasil kemampuan siswa dalam mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) proses pembelajaran sudah dilakukan dan disesuaikan dengan langkah-langkah metode snowball throwing yaitu membagi kelompok, menjelaskan materi, memanggil ketua kelompok didepan kelas, ketua kelompok kembali menjelaskan materi, membagikan LKPD, siswa berdiskusi, siswa menulis pertanyaan dalam kertas/ bola, siswa melempar kertas kekelompok lain, siswa menjawab pertanyaan, dan terakhir kesimpulan; (2) hasil belajar siswa yang berjumlah 30 orang menunjukan bahwa 6 siswa dengan kategori sangat baik, 18 siswa dengan kategori baik, dan 6 orang siswa dengan kategori cukup. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode snowball throwing siswa sudah mampu mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh pada teks biografi dengan nilai rata-rata 79.6% dan termasuk kategori baik.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, mengungkapkan hal yang dapat diteladani, tokoh, teks biografi, metode snowball throwing.
ABSTRACT
Ity, Nurawin. 2018. Retelling the Value of Role Model within a Biography Text Using Snowball Throwing Method, A Research on Grade X Natural Sciences 3, Senior High School SMA Negeri 1 Kabila, Academic Year 2017/2018. Undergraduate Thesis. Department of Indonesian Language and Literature Education, Faculty of Letters and Culture, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Sance A. Lamusu, M.Hum., Co-supervisor: Dr. Herson Kadir, S.Pd., M.Pd.
Retelling the values of a figure using various methods is significant to help a teacher in a classroom activity, improving studentsâ motivation and their ability. The objective of this research is twofold. It aims to describe the process of the implementation of snowball throwing in explaining role model characteristics within a biography text at class X Natural Sciences 3, Senior High School SMA Negeri 1 Kabila, academic year 2017/2018 and it is intended to identify the studentsâ learning outcome after the implementation of the method.
This study employed a qualitative descriptive method. The data were generated from observation and documentation. These data analysis focuses on the learning process, the studentsâ learning outcome, assessment, and the conclusion of the research. Sources of data involved students, a teacher, learning, and studentsâ learning outcome (after the implementation of snowball throwing method). The data were the description of the learning and studentsâ learning outcome in explaining the role model of a particular figure within a biography text.
The results reveal that (1) the learning has been implemented and adjusted according to the snowball throwing method, i.e., dividing students into several groups, explaining the lesson, asking every leader of the groups to come in front of the class, each leader discuss the lesson with his or her peers, distributing studentsâ worksheets, students discuss in their group, students write questions on a paper, they throw the paper to other groups, the other groups answer the question, and summing up the lesson; (2) it is shown that six out of 30 students fall into very good category, while other 18 students are in good category. The rest six students are categorized in the moderate category. In conclusion, the implementation of snowball throwing method contributes to the studentsâ ability in retelling the values of the figure in a biography text. The percentage of the studentsâ outcome reaches 79.6%, good category.
Keywords: learning, explaining role model values, figure, biography text, snowball throwing method.
Download berkas