Penulis / NIM
SRI YATUN LADITJI / 311414032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR. UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yatun Laditji. NIM 311414032, 2021. Pembelajaran Menelaah Teks Eksplanasi Berupa Paparan Kejadian Suatu Fenomena Alam Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Herson Kadir, S.Pd., M.Pd.
Pembelajaran merupakan sebuah proses yang di dalamnya melibatkan berbagai pihak yakni guru dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran menelaah teks ekspalanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam; (2) pelaksanaan pembelajaran menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam; (3) hasil belajar siswa pada pembelajaran menelaah berupa paparan kejadian suatu fenomena alam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia pada siswa kelas VIII dan hasil belajar siswa pada pembelajaran menelaah teks eksplanasi di kelas yang sama. Sumber data ini fokus kepada jenis teks yang berupa paparan kejadian suatu fenomena alam yang disebut dengna eksplanasi teks. Hasil dari penelitian pelaksanaan perencanaan pembelajaran ini adalah berupa proses, penerapana dan hasil belajar dalam menelaah teks ekspalanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam. Teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menyatakan terdapat dua komponen RPP yang belum sesuai yaitu perumusan indikator dan metode pembelajaran. Namun, Pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah dilaksanakan dengan baik dan telah mencapai indikator dan tujuan pembelajaran. Capaian belajar siswa menunjukan hasil yang baik dengan jumlah total 25 siswa hanya terdapat 5 siswa yang tidak tuntas dalam materi ini.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menelaah teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena alam belum terlaksana secara maksimal namun hasil yang diperoleh dalam pembelajaran sudah termasuk dalam kategori baik.
Kata-Kata Kunci: Pembelajaran, Menelaah, Teks Eksplanasi
Download berkas