Penulis / NIM
NOVI PILOHIMA / 311414044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Abstrak
ABSTRAK
Novi Pilohima. 2018. Pembelajaran Menyajikan Data, Informasi, dalam Bentuk Berita Secara Lisan dan Tulis dengan Memperhatikan Struktur, Kebahasaan, atau Aspek Lisan pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Asna Ntelu, M.Hum, Pembimbing II: Dr. Muslimin S.Pd, M.Pd.
Dalam pembelajaran ini disajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara tertulis dan secara lisan. Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara tertulis yaitu menulis berita sesuai struktur dan kebahasaan. Menyajikan data dan informasi dalam bentuk berita secara lisan yaitu membaca berita dengan memperhatikan lafal, intonasi, mimik, dan kinesik. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan 1) rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, dan 3) penilaian dalam pembelajaran menyajikan data, informasi, dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2018/2019.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penggunaan metode deskriptif kualitatif ini, untuk mendeskripsikan 1) rencana pelaksanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, dan 3) penilaian dalam pembelajaran. Data penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian dalam pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia, siswa, dan proses pelaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) RPP yang digunakan guru belum sesuai dengan komponen-komponen RPP, 2) proses pembelajaran yang dilaksanakan sudah sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam RPP, namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, 3) penilaian dalam pembelajaran yang digunakan guru belum maksimal karena tidak diterapkan pada saat pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyajikan data, informasi, dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tapa Tahun Pelajaran 2018/2019 sudah dilaksanakan sesuai KD yang akan dicapai, meskipun masih ada yang perlu diperbaiki.
Kata-kata Kunci: pembelajaran, menyajikan, data, informasi, bentuk berita
Download berkas