SKRIPSI

Penulis / NIM
FEBRILA PUTRI DUNGGIO / 311414048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstrak
ABSTRAK Febrila Putri Dunggio. 2018. Pembelajaran Menyimpulkan Isi Saran, Ajakan, Arahan, dan Pertimbangan Tentang Berbagai Hal Positif Permasalahan Aktual dari Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII4 SMP Negeri 3 Limboto Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum, Pembimbing II: Dr. Herson Kadir, S.Pd, M.Pd. Pembelajaran merupakan sebuah proses yang di dalamnya melibatkan berbagai pihak yakni guru dan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi; (2) pelaksanaan pembelajaran menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi; (3) hasil belajar siswa pada pembelajaran menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi pada siswa kelas VIII4 SMP Negeri 3 Limboto? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu proses pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi. Data penelitian ini yaitu perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, dan pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari teknik observasi dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1)rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan guru terdapat lima komponen yang belum sesuai yakni penggunaan kata kerja operasional pada indikator pencapaian kompotensi pertama, metode pembelajaran yang tidak dipaparkan, materi pembelajaran yang belum sesuai, langkah-langlah pembelajaran pada kegiatan inti belum sesuai dan penilaian yang belum sesuai pada aspek penilaian pertama; (2) proses pelaksanan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dari kegiatan awal sampai pada kegiatan akhir sudah dilaksanakan dengan baik dan telah mencapai indikator dan tujuan pembelajaran; (3) hasil belajar siswa yang berjumlah 27 orang menunjukan bahwa 5 siswa tuntas pada kategori sangat baik, 22 siswa tuntas pada kategori baik. Penentuan ketuntasan tersebut ditentukan berdasarkan KKM yakni 70. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran menyimpulkan isi saran ajakan, arahan dan pertimbangan tentang berbagai hal positif permasalahan aktual dari teks persuasi dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 81% dan termasuk dalam kategori baik. Kata-kata Kunci: pembelajaran, menyimpulkan, saran, ajakan, arahan, pertimbangan, teks persuasi
Download FILE

ARSIP

2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011