SKRIPSI

Penulis / NIM
HASNA S. / 311414073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SAYAMA MALABAR, M.Pd / 0029076008
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK Hasna S. 2018. Pembelajaran Menilai Hal-hal yang Dapat Diteladani dari Teks Biografi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kabila Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Prof. Dr. Sayama Malabar, M.Pd., Pembimbing II: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada pembelajaran menilai hal-hal yang dapat diteladani dari teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila tahun pelajaran 2017/2018, (2) proses pelaksanaan pembelajaran menilai hal-hal yang dapat diteladani dari teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila tahun pelajaran 2017/2018, (3) proses evaluasi pembelajaran menilai hal-hal yang dapat diteladani dari teks biografi kelas X SMA Negeri 1 Kabila tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah RPP, proses pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumen, rekaman video, dan catat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa (1) RPP yang digunakan guru telah sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah, namun keterkaitan isi antar komponen belum sesuai. Selain itu, ada beberapa kekurangan-kekurangan yaitu, perumusan IPK yang dicantumkan guru belum sesuai dengan kata kerja operasional (KKO), perumusan tujuan pembelajaran tidak sesuai dengan rumus ABCD, alat/bahan yang dicantumkan tidak keseluruhan digunakan oleh guru pada saat proses belajar mengajar, dan sumber belajar tidak sesuai dengan KD dan IPK, (2) pelaksanaan pembelajaran belum terlaksana dengan baik, yaitu pada kegiatan pendahuluan (guru tidak menyiapkan fisik dan psikis siswa, guru tidak mengaitkan materi, tidak menyampaikan manfaat pembelajaran), kegiatan inti dengan menggunakan model pembelajaran dicovery learning guru tidak melakukan kegiatan pernyataan/identifikasi masalah dan pembuktian, kegiatan penutup telah terlaksana, (3) proses evaluasi yang dilakukan guru belum maksimal, hal ini karena lembar observasi pada penilaian sikap dan pedomanan penskoran soal uraian tidak sesuai dengan panduan penilaian pendidik dan satuan pendidik dalam kemendikbud (2017). Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menilai hal-hal yang dapat diteladani dari teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila tahun pelajaran 2017/2018 belum berlangsung dengan baik karena masih terdapat beberapa kekurangan yang ditemuai dalam pelaksanaannya. Kata-kata Kunci: pembelajaran, menilai, hal-hal yang dapat diteladani, teks biografi, siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011