Penulis / NIM
AMELYA FATRA KAIGU / 311414078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
ABSTRAK
Amelya Fatra Kaigu. 2019. Penerapan Penilaian Proyek pada Pembelajaran Menyajikan Teks Narasi dengan Memperhatikan Struktur Teks di Kelas VII SMP Negeri 2 Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019 . Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum, Pembimbing II: Drs. Sitti Rachmi Masie, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana rancangan penilaian proyek pada pembelajaran teks narasi dengan memperhatikan struktur teks pada siswa kelas VII-6 di SMP Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019. (2) bagaimana pelaksanaan penilaian proyek pada pembelajaran menyajikan teks narasi dengan memperhatikan struktur teks pada siswa kelas VII-6 di SMP Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019. (3) Apa saja hambatan dalam penilaian proyek pada pembelajaran Menyajikan teks narasi dengan memperhatikan teks narasi kelas VII di SMP Negeri 2 Gorontalo. tujuan penelitian ini (1) mendeskripsikan rancangan penilaian proyek pada pembelajaran menyajikan teks narasi siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019, (2) mendeskripsikan pelaksanaan penilaian proyek pada pembelajaran menyajikan teks narasi kelas VII di SMP Negeri 2 Gorontalo, (3) mendiskripsikan hambatan dalam penilaian proyek pada pembelajaran teks narasi siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019
Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif dan jenis penelitian adalah penelitian kualitatif, data penelitian adalah penilaian proyek, proses pembelajaran, RPP, siswa kelas VII-6 di SMP Negeri 2 Gorontalo. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa di SMP Negeri 2 Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. hasil penelitian ditunjukan pada perancangan penilaian proyek, pelaksanaan penilaian proyek dalam proses pembelajaran menyajikan teks narasi sudah berjalan sesuai dengan langkah-langkah menemukan ide, penggalian ide dari membaca, membuat rangkaian cerita, mengembangkan cerita narasi. Hasil penilaian proyek mendapatkan nilai baik berjumlah 10 orang dari 25 siswa atau 40% sementara yang mendapatkan nilai sangat baik 15 orang dari 25 siswa atau 60%.
Kata-kata kunci: penilaian proyek, hasil peilaian, struktur teks narasi
Download berkas