SKRIPSI

Penulis / NIM
HASNI / 311414089
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUSLIMIN, S.Pd, M.Pd / 0017087705
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERMAN DIDIPU, S.Pd., M.Pd. / 0011018301
Abstrak
ABSTRAK Hasni. 2018.Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Teks Ulasan pada Siswa Kelas VIII-4 SMP Negeri 2 Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: I Dr. Muslimin, M.Pd. Pembimbing: II Dr. Herman Didipu, M.Pd. Permasalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana instrumen penilaian kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan pada siswa kelas viii-4 SMP Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018, (2) bagaimana pelaksanaan penilaian kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan pada siswa kelas viii-4 SMP Negeri 2 Gorontalo tahun pelajaran 2017/2018, dan (3) bagaimana hasil penilaian kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan pada siswa kelas viii-4 SMP Negeri 2 Gorontalo. Tujuan penelitian ini(1) mendiskripsikan instrumen penilaiankemampuan menelaah struktur dan kebahasaan, (2) pelaksanaan penilaiankemampuan menelaah struktur dan kebahasaan, dan (3) hasil penilaian kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dan jenis penelitian adalah jenis studi kasus. Data penelitian adalah penilaian portofolio, aktivitas pembelajaran, hasil belajar, dan siswa kelas VIII-4 di SMP Negeri 2 Gorontalo. Sumber data diperoleh dari siswa dan guru di SMP Negeri 2 Gorontalo. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara teknik reduksi data, paenyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kemampuan menelaah struktut dan kebahasaan dilakukan uji validitas logis varian isi. berdasarkan uji validitas isi instrument penilaian proses dan produk sudah valid. Pelaksanaan penilaian dalam proses pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan sudah berjalan dengan langkah-langkahnya yaitu membaca, menemukan, mengumpulkan, menilai, dan menyimpulkan. Hasil penilaian proses kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan, siswa yang mendapatkan nilai cukup berjumlah 12 dari 22 siswa atau 54,54 %. Sementara yang mendapatkan nilai kurang berjumlah 10 dari jumlah siswa 22 orang atau 45,45 %. Sementara hasil penilaian produk dari 20 siswa 3 diantaranya yang mendapatkan nilai sangat memuaskan atau 15% , sementara yang mendapatkan nilai memuaskan berjumlah 2 siswa dari 20 siswa atau 10%, siswa yang mendapatkan nilai baik berjumlah 5 dari jumlah 20 siswa atau 25%, siswa yang mendapatkan nilai cukup berjumlah 2 siswa atau 10%, dan yang mendapatkan nilai kurang berjumlah 8 atau 40%. kata kunci:penilaian, kemampuan siswa, hasil uji validitas, pelaksanaan, hasil penilaian, menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011