Penulis / NIM
DESNI T ISHAK / 311414097
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR. UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstrak
ABSTRAK
Ishak, Desni T. 2020. Hasil belajar mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang, argumen dan simpulan dari debat secara lisan pada Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr.Fatmah AR.Umar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Herson Kadir, S.Pd, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar serta faktor-faktor yang mempegaruhi hasil belajar mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen serta simpulan dari debat berkaitan dengan bidang pekerjaan untuk menunjukkan esensi dari debat pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif statistik sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo yang berjumlah 31 orang. Sampel adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo dengan jumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi langsung, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar mengontruksi permasalahan/isu, sudut pandang, argumen dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019 mendapat nilai rata-rata 58,07% dengan kriteria cukup, yang berarti hasil belajar siswa rendah. Tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 22,58%, sedangkan siswa yang tidak mencapai ketuntasan belajar sebesar 77,42%. Adapun faktor-faktor yang pengaruhi rendahnya hasil belajar siswa tersebut yaitu; faktor motivasi dan minat belajar siswa, faktor kesiapan siswa untuk belajar,faktor kelelahan jasmani dan rohani, faktor kedisiplinan siswa, faktor metode mengajar guru, faktor perhatian orang tua, dan faktor teman bergaul.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mengontruksi permasalahan/isu, sudut pandang, argumen dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat siswa kelas X SMK Negeri 3 Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019 masih rendah yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu; faktor motivasi dan minat belajar siswa, faktor kesiapan siswa untuk belajar,faktor kelelahan jasmani dan rohani, faktor kedisiplinan siswa, faktor metode mengajar guru, faktor perhatian orang tua, dan faktor teman bergaul.
Kata kunci :hasil belajar; esensi debat;
Download berkas