Penulis / NIM
ABDUL WAHAB LABACO / 311414098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Wahab Labaco. 2019. ..." Analisis Wacana Slogan Kesehatan di Kota Gorontalo. Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Dakia N. Djou, M.Hum dan Pembimbing II: Dr. Salam, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa isi bahasa slogan yang digunakan dalam bidang kesehatan di Kota Gorontalo (2) Apa makna yang terkandung pada isi bahasa slogan bidang kesehatan di Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) Isi bahasa slogan yang digunakan dalam bidang kesehatan di Kota Gorontalo (2) makna yang terkandung pada isi bahasa slogan bidang kesehatan di Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data Penelitian ini adalah bahasa slogan yang digunakan di tempat-tempat kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, BPJS dll. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) teknik observasi, (2) teknik simak bebas libat cakap, (3) teknik catat, (4) teknik potret atau dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 31 slogan yang secara garis besar isi wacana slogan kesehatan di Kota Gorontalo terbagi tiga, yakni slogan kesehatan yang memuat himbauan, persuasif, serta informatif. Isi wacana slogan merupakan informasi yang memuat gagasan umum menjadi dasar tujuan. Dalam konteks ini, isi wacana slogan bisa dipahami dengan membaca keseluruhan bahasa slogan kesehatan. Bahasa slogan kesehatan yang digunakan oleh rumah sakit, kantor BPJS, puskemas, Dll mempunyai maksud. Maksud secara umum bahasa slogan kesehatan tersebut, yakni menyerderhanakan sebuah strategi pesan agar menjadi ringkas, dapat diulang, menarik perhatian, dan mudah diingat. Secara khusus, bahasa slogan kesehatan mempunyai maksud himbauan yaitu : (a) slogan kesehatan himbauan permintaan, (b) slogan kesehatan himbauan ajakan, (c) slogan kesehatan himbauan perintah, (d) slogan kesehatan himbaun informatif, dan (e) slogan himbauan persuasif. Maksud wacana slogan kesehatan yang dikemukakan di atas terdapat pula pada wacana slogan kesehatan yang digunakan di beberapa tempat kesehatan misalnya di rumah sakit, puskesmas, kantor BPJS, kantor PMI, dll yang ada di kota Gorontalo.
Kata-kataKunci : Analisis, Wacana, Slogan, Kesehatan
ABSTRACT
Abdul Wahab Labaco. 2019. ..."Discourse Analysis of Health Slogan in the City of Gorontalo. Undergraduate Thesis. Study Program of Indonesian Language and Literature Education, Faculty of Letters and Cultures, Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Dakia N. Djou, M.Hum. Co-supervisor: Dr. Salam, M.Pd
The problem in this study is what is the content of tagline used in the health sector in Gorontalo? This study is aimed at (1) describing the content of the tagline in the health sector in Gorontalo (2) describing the meaning of the content in the aforementioned health slogan. The method used in this study was a descriptive qualitative method. Data in this study were language slogan used in health sector in Gorontalo, such as in hospitals, health care centers, and the like. The data were collected from observation, uninvolved conversation observation technique, recording/noting technique, and documentation technique. This study revealed that there were 31 slogans, where in general the content of the health slogan or tagline for health in Gorontalo city can be classified into three categories: appeal, persuasion, and information. The content of the health slogan was information regarding general ideas and became the objectives. Within this context, the content of health slogan can be understood by reading the whole slogan. The language of health slogan used in hospital and other health sectors have specific purposes. The general purposes of the slogan were to simplify the message strategy, can be repeated, attract attention, and memorable. Specifically, the health slogan language for appeal: (a) request, (b) invitation, (c) instruction, (d) informative appeal, and (e) persuasive appeal. The intention of the health slogan mentioned above was also available in several health places such as in hospital, and other health care centers in Gorontalo city.
Keywords: Analysis, Discourse, Slogan, Health
Download berkas