SKRIPSI

Penulis / NIM
MEILAN SUMPONO / 311415049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK Meilan Sumpono, 2019. Pembelajaran Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran BIPA pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum. dan Pembimbing II: Dr. Salam., S.pd., M.Pd. Pembelajaran merupakan realisasi dari komponen-komponen yang terdapat dalam perencanaan pembelajaran. Komponen-komponen yang dikembangkan dalam perencanaan pembelajaran yang dimaksud tersebut mencakup komponen: tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran, media dan sumber pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Perangkat dan pelaksanaan Pembelajaran pada matakuliah Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran BIPA di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Teori perangkat pembelajaran dengan menerapkan teori pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan teknik yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matakuliah pengembangan media dan sumber pembelajaran BIPA berupa Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang di dalam RPS tersebut terbagi beberapa komponen yaitu, (1) waktu pertemuan, (2) sub capaian pembelajaran, (3) bahan kajian, (4) waktu, (4) metode pembelajaran, (5) pengalaman belajar mahasiswa, (6) kriteria dan indikator. Sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran yaitu, (1) Kegiatan Pra dan Awal Pembelajaran, (2) Kegiatan inti pembelajaran, dan (3) akhir pembelajaran. Pada Pelaksanaan pembelajaran dosen pengajar menggunakan metode investigasi terbimbing yang lebih menekankan kreativitas mahasiswa dalam pembuatan media dan sumber pembelajaran BIPA dibawah bimbingan dosen pengajar. Kata-kata Kunci: pembelajaran, pengembangan, media, sumber pembelajaran, BIPA.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011