Penulis / NIM
SRI SILFANA ENGGOWA / 311415056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Abstrak
ABSTRAK
Sri Silfana Enggowa. 2019. Pengaruh Penggunaan Metode Window Shopping terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Laporan Hasil Observasi pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 13 Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum. Pembimbing II: Prof. Supriyadi, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan metode window shopping, (2) kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi informasi teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan metode window shopping, (3) pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan metode windows shopping.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pra eksperimen (One-Grup Pretest and Postest Design atau penelitian yang hanya mempergunakan kelompok eksperimen saja, tanpa kelompok kontrol/pembanding). Jenis penelitian kuantitaif. Data dari penelitian ini diperoleh dari tes awal dan tes akhir kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji t (polled varian) dengan taraf uji nyata 5%.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) kemampuan peserta didik mengidentifikasi informasi teks laporan hasil observasi sebelum menggunakan metode window shopping tergolong rendah dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 48,6111., (2) kemampuan peserta didik mengidentifikasi informasi teks laporan hasil observasi sesudah menggunakan metode window shopping menunjukkan peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 83,4259., (3) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks laporan hasil observasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan dengan perhitungan uji t sampel berpasangan dengan derajat kebebasan n1+n2-2 dan taraf kesalahan 5%, diperoleh t hitung 15,53 > t tabel 1,705618. Ternyata t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian hipotesis statistiknya Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang positif signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks laporan hasil observasi sebelum dan sesudah menggunakan metode window shopping pada peserta didik SMP Negeri 13 Gorontalo.
Kata-kata Kunci: pengaruh, window shopping, kemampuan, informasi, laporan
hasil observasi
Download berkas