Penulis / NIM
PIPIN B. TOOLI / 311415063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERMAN DIDIPU, S.Pd., M.Pd. / 0011018301
Abstrak
Pipin B. Tooli. 2020. Skripsi dengan judul Pengaruh penggunaan Model STAD Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mengonstruksi Teks negosiasi (suatu penelitian dikelas X TKR SMK Negeri 3 Gorontalo) Tahunpelajaran 2020/2021. Skripsi ini ditulis oleh Pipin B. Tooli, Nim 311415063. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Salam, S. Pd.,M.Pd, Pembimbing II Dr. Herman Didipu, SPd.,MPd. Skripsi yang membahasa tentang pengaruh penggunaan model STAD terhadap hasil belajar peserta didik mengonstruksi teks negosiasi ini dilatar belakangi oleh mayoritas peserta didik bahwa pelajaran bahasa Indonesia sebagai pelajaran yang membosankan dan penguasaan peserta didik pada pelajaran bahasa indonesia masih rendah. Pembelajaran bahasa indonesia berbasis teks ini sangat penting untuk peserta didik terutama dalam mengungkapkan kata atau kalimat baik dan benar. Dalam penelitian ini menggungakan model pemblejaran STAD, model ini menuntut peserta didik untuk lebih smeangat dan bergairah dalam melaksanakan pembelajaran sehingga membentuk suatu kelompok yang dapat melatih peserta didik untuk berdiskusi dan bekrja sama. Pemasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh penerapan model STAD terhadp hasil belajar peserta didik mengonstruksi teks negosiasi. Tujuan penelitan ini adalah: Mengidentifikasi pengaruh penggunaan.model STAD terhadap hasil belajar peserta didik dalam mengontruksi teks negosiasi.
Metode atau jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XData dalam penelitian ini pengaruh pe TKR1 dan Kelas X TKR2 SMK Negeri 3 Gorontalo tahun ajaran 2020. Sampling dalam penelitian ini adalah teknik smpel random. Pengumpulan data menggunakan prites-posttes yang berpunsi untuk mengetahui nilai hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) penggunaan model STAD (Student Teams Achievmet Division) dalam pembelajaran mengonstruksi teks negosiasi terdapat pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sesuai hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa nilai thitung 2.93> ttabel 0.02. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat perbedaan antara hasil belajar peserta didik pada kelas yang diberikan perlakuan model STAD dan kelas yang tidak diberikan perlakuan. Data peningkatan rata-rata skor hasil belajar peserta didikyang diperoleh pada kelas eksperimen yaitu 29.71 dan kelas kontrol 24.8, skor rata-rata posttes mengonstruksi teks negosiasi juga dapat dilihat pada kelas eksperimen yaitu sebesar 85.5 dan kelas kontrol 78.0. Hal ini menunujukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model STAD lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol yang tidak di beri perlakuan.
Download berkas