Penulis / NIM
NOVITA HASAN / 311415092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR. UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK
Novita Hasan. 311415092. 2019. Korelasi Strategi Mengajar Guru Bahasa Indonesia pada Materi Pelajaran Teks Prosedur di Kelas XI SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Fatmah AR. Umar, M.Pd, pembimbing II: Dr. Salam S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah strategi guru dalam pembelajaran di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019?, Bagaimanakah Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran teks prosedur di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019?, Bagaimana korelasi strategi mengajar guru Bahasa Indonesia pada materi teks prosedur dalam pembelajaran di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019?. Oleh sebab itu, penelitian memiliki tujuan untuk Mendeskripsikan strategi guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019, mendeskripsikan Motivasi belajar siswa dalam pembelajaran teks prosedur di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019, mendeskripsikan korelasi strategi mengajar guru Bahasa Indonesia pada materi teks prosedur dalam pembelajaran di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Gorontalo Tahun Pelajaran 2018/2019
Metode yang digunakan dalam penelitian korelasi dan jenis penelitian kausal komparatif. lokasi penelitian di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo, teknik yang digunakan pada pengumpulan data adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumen, teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama korelasi strategi mengajar guru Bahasa Indonesia adalah sekitar 81,56% dengan total skor sebanyak 4,975 yang berada pada kategori kreatif, skor capaian untuk variabel motivasi belajar adalah sebesar 82,16% dengan total skor 3.759 yang berada pada kategori yang tinggi. Hal ini menunjukan bahwa para siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Gorontalo memiliki semangat belajar yang tinggi dalam kegiatan pembelajaran dan juga meingkatkan hasil belajar siswa terdapat pengaruh yang signifikasikan dan korelasi strategi menagajar guru Bahasa Indonesia pada materi pembelajaran teks prosedur dikelas XI SMA Negeri 4 Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Korelasi ,Strrategi, Bahasa Indonesia, Motivasi Belajar, Teks Prosedur
Download berkas