Penulis / NIM
APRILIA ALFANA MALIK / 311416012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
ABSTRAK
Aprilia Alfana Malik. 311 416 012 2021. kesesuaian rumusan tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada RPP Guru kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga Biru. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Asna Ntelu, M.Hum. Pembimbing II: Dr. Sitti Rachmi Masie, S.Pd., M.Pd.
Menyusun RPP merupakan salah satu tugas professional guru. Selain itu, menyusun RPP juga merupakan kewajiban setiap guru pada satuan pendidikan. Pengembangannya dapat dilakukan secara mandiri maupun berkelompok melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Fokus penelitian yaitu, 1) Bagaimana tingkatan kompetensi pada kompetensi dasar dalam RPP Guru kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga Biru?, 2) Bagaimana kesesuaian rumusan kompetensi dasar dalam RPP guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 1 TelagaBiru?
Penelitian ini menggunakan teori Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), Prinsip Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), Fungsi Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Taksonomi tujuan pembelajaran, dan format untuk menulis tujuan pembelajaran.Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa tingkat kompetensi pada kompetensi dasar dan ketepatan rumusan tujuan pembelajaran sedangkan sumber data dalam penelitian ini diperoleh RPP guru kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga Biru.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi, menganalisis, mendeskripsikan, dan menyimpulkan.
Hasil penelitian ini memaparkan tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada RPP Guru kela VIII di SMP Negeri 1 Telaga Biru, dan memaparkan kesesuaian tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar pada RPP Guru kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga Biru
Simpulan penelitian ini adalah kesesuaian rumusan tujuan pembelajaran dengan kompetensi dasar yang disusun oleh guru pada 28 RPP mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 1 Telaga Biru belum tepat. Hal ini dibuktikan oleh, a) Dalam menyusun RPP guru belum memperhatikan tingkatan kompetensi yang ada disetiap KD, b) Rumusan tujuan pembelajaran dalam RPP 01-28 untuk aspek pengetahuan maupun keterampilan belum sesuai dengan langkah-langkah perumusan tujuan pembelajaran yang baik/masih ada kekeliruan dalam perumusannya. Kekeliruannya yakni (1) rumusan IPK menggunakan tingkat kata kerja operasional yang sama, (2) belum menggambarkan hirarki kompetensi, (3) belum menggambarkan kemampuan awal peserta didik, (4) perumusan IPKnya masih tumpang tindih, (5) belum menggunakan ABCD, (6) satu KD hanya memiliki 1 tujuan pembelajaran.
Kata-kata kunci: RPP, pembelajaran, KD, dan tujuan pembelajaran
Download berkas