Penulis / NIM
UMI MUHAIMIN SALEHE / 311416013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan peserta didik menganalisis isi teks negosiasi di SMA Negeri 1 Kabila kelas X tahun pelajaran 2020/2021? (2) Bagaimanakah kemampuan peserta didik menganalisis struktur teks negosiasi di SMA Negeri 1 Kabila tahun pelajaran 2020/2021? (3) Bagaimanakah kemampuan peserta didik menganalisis kebahasaan teks negosiasi di SMA Negeri 1 Kabila kelas X tahun pelajaran 2020/2021? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi di SMA Negeri 1 Kabila kelas X tahun pelajaran 2020/2021.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah kemampuan peserta didik menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru. Data-data tersebut dikumpulkan dengan cara observasi dan tes kemampuan. Setelah data-data tersebut terkumpul, kemudian dianalisis dengan cara mendeskripsikan seluruh kegiatan peserta didik pada saat menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan serta mempresentasekan hasil kemampuan peserta didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) kemampuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kabila dalam menganalisis isi teks negosiasi berada pada kategori baik sekali. Hasil tersebut diperoleh melalui analisis dan penilaian lembar kerja peserta didik yang telah disusun oleh guru dan peneliti, sebanyak 20 peserta didik termasuk pada kategori baik sekali dan 5 peserta didik termasuk pada kategori baik; (2) kemampuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kabila dalam menganalisis struktur teks negosiasi berada pada kategori baik sekali, sebanyak 17 peserta didik termasuk pada kategori baik sekali dan 8 peserta didik termasuk pada kategori baik; (3) kemampuan peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kabila dalam menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi berada pada kategori baik. Peserta didik yang termasuk pada kategori baik juga dinyatakan tuntas walaupun masih terdapat beberapa kekeliruan dalam menganalisis kaidah kebahasaan teks negosiasi.
Kata-kata Kunci: kemampuan, menganalisis, teks negosiasi.
Download berkas