Penulis / NIM
MARTINA C. OLONGSONGKE MUSADI / 311416051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR. UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
ZILFA ACHMAD BAGTAYAN, S.Pd, M.A / 0001048601
Abstrak
ABSTRAK
Martina Claudia Olongsongke. 311 416 051. 2020. "Nilai Personal dan Nilai Pendidikan dalam Legenda Kampung Payol oleh Samsuni Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Fatmah A.R Umar, M.Pd. Pembimbing II: Zilfa Achmad Bagtayan, S.Pd., M.A
Legenda Kampung Payol oleh Samsuni merupakan Legenda yang berasal dari Tolitoli, tepatnya di daerah Dondo yang terbit pada tahun 2009. Legenda ini sangat mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang baik, bahkan mendidik anak untuk berempati, bertingkahlaku yang baik bahkan dapat bernalar. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan nilai personal pada Legenda Kampung Payol oleh Samsuni, (2) mendeskripsikan nilai pendidikan dalam Legenda Kampung Payol oleh Samsuni.
Penelitian ini menggunakan teori sastra anak dengan melihat nilai personal dan nilai pendidikan yang terdapat dalam Legenda Kampung Payol oleh Samsuni. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah nilai personal dan nilai pendidikan. Sumber data berasal dari kutipan-kutipan yang memberikan gambaran tentang nilai personal dan nilai pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan, teknik baca dan teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi nilai personal dannilai pendidikan,mengklasifikasikan data menganalisis data,menginterpretasi hasil serta menyimpulkan hasil penelitian.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa nilai personal dan nilai pendidikan yang terdapat dalam Legenda Kampung Payol terdiri atas (a) format dan ilustrasi kurang mendukung; (b) nilai personal menghasilkan pribadi yang mampu bekerjasama, empati, dapat berpikir kritis, kemampuan untuk berimajinasi dan sudah mulai menaruh kepercayaan kepada Tuhan; dan (c) legenda tersebut menampilkan nilai hedonik, nilai artistik, nilai kultural, nilai etis dan nilai praktis
Simpulan dalam penelitian ini adalah Legenda Kampung Payol sangat tepat untuk dijadikan bahan bacaan, sebagai sarana di sekolah, di rumah maupun di perpustakaan daerah karena sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan daya kreativitas, pengetahuan, toleransi, gotongroyong, empati dan peduli terhadap sesama.
Kata-kata Kunci: legenda, nilai personal, nilai pendidikan, sastra anak, empati
Download berkas