Penulis / NIM
MIRAJI S. MARHUM / 311416053
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Abstrak
Marhum, Miraji S. 311416053. 2021. "Tindak Tutur Direktif pada Transaksi antara Penjual dan Pembeli pada Ranah Jual Beli Online dalam Situs Jejaring Sosial Media Facebook. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Prof. Dr. Supriyadi, M. Pd dan Pembimbing II: Dr. Dakia N. Djou, M.Hum.
Tindak tutur direktif merupakan jenis tindak tutur yang digunakan oleh penutur untuk menyuruh orang lain melakukan sesuatu. Jenis tindak tutur ini dapat menyatakan apa yang menjadi keinginan penutur kepada mitra tutur. Penelitian ini mengkaji tentang (1) Jenis-jenis tindak tutur direktif yang terjadi pada Transaksi antara penjual dan pembeli pada ranah jual beli online dalam situs jejaring sosial media facebook. (2) ciri penanda tindak tutur direktif yang terjadi pada Transaksi antara penjual dan pembeli pada ranah jual beli online dalam situs jejaring sosial media facebook. (3) fungsi tindak tutur direktif yang terjadi pada Transaksi antara penjual dan pembeli pada ranah jual beli online dalam situs jejaring sosial media facebook. Teori yang melandasi penelitian ini yaitu teori tindak tutur direktif oleh Goerge Yule (2014), dan teori jenis-jenis tindak tutur direktfi oleh Ibrahim (1993). Penelitian ini dilakukan melalui sosial media facebook. Data penelitian ini berupa kalimat dan kata pada Transaksi antara pedagang dan pembeli pada sosial media facebook yang mengandung tindak tutur direktif. Data-data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif yang merupakan interaksi dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis tuturan direktif permintaan yang terdapat pada transaksi antara pedagang dan pembeli pada sosial media facebook, 12 jenis tuturan direktif pertanyaan pada transaksi antara pedagang dan pembeli pada sosial media facebook, 17 jenis tuturan direktif perintah pada transaksi antara pedagang dan pembeli pada sosial media facebook, dan 5 jenis tuturan direktif pemberian izin pada Transaksi antara pedagang dan pembeli pada sosial media facebook.
Kata-kata kunci: Tindak tutur direktif, transaksi, pedagang dan pembeli, media facebook.
Download berkas