Penulis / NIM
MARLINA / 311416064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR. UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan penggunaan penggunaan bahasa guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X, adanya perbedaan kultur budaya dan dialek bahasa yang berbeda, serta kurangnya penguasaan pengunaan bahasa Indonsia yang baik dan benar. Dengan melihat pilihan kata, makna kata, faktor penyebab pengunaan bahasa guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MA Alkairaat Ampana
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kata-kata guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MA Alkhairaat Ampana. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, metode rekam, metode simak tak libat cakap, metode catat. Data dianalisis dengan mengunakan analisis deskriptif kualitatif yang menjabarkan pengunaan bahasa guru dan guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian dan pembahasan pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MA Alkhairaat Ampana sebagai berikut. (1) Pengunaanp ilihan kata yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran mengunakan bahasa Indonesia pada umumnya yang dapat dimengerti, namun masih banyak pengunaan atau penempatan bahasa Indonesia yang kurang tepat. (2) Pengunaan makna kata yang dipilih oleh guru dan siswa dapat dimengerti (3) Faktor penyebab pengunaan bahasa oleh guru dan siswa adalah lingkungan dari siswa dan gurunya, lingkungan keluarga dari masing-masing siswa yang dalam setiap hari di rumah mengunakan bahasa daerah masing-masing. Kurangnya fasilitas yang diberikan oleh guru, dilihat dari tidak adanya perpustakaan disekolah dan juga kurangnya buku bacaan di dalam kelas, seperti sudut baca di kelas.
Simpulan dari penelitian ini adalah pilihan kata yang masih kurang tepat, makna kata yang dapat dimengeri dan faktor penyebab yaitu kurang menguasai kosa kata
Kata kunci : Pengunaan bahasa guru dan siswa, proses pembelajaran.
Download berkas