Penulis / NIM
MOHAMAD HALADA / 311416067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. FATMAH AR. UMAR, M, Pd / 0004016005
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERMAN DIDIPU, S.Pd., M.Pd. / 0011018301
Abstrak
Abstrak
Kemampuan menganalisis adalah suatu keterampilan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menganalisis setiap teks, begitu pula kemampuan dalam menganalisis teks negosiasi. Oleh sebab itu, penelitian ini mengkaji tentang (1) kemampuan menganalisis teks negosiasi peserta didik kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Telaga?, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menganalisis teks negosiasi peserta didik kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Telaga? dan (3) solusi yang dilakukan untuk memecahkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menganalisis teks negosiasi peserta didik kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Telaga?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan dalam menganalisis teks negosiasi peserta didik kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Telaga, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menganalisis teks negosiasi peserta didik dan mendeskripsikan solusi untuk memcahkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menganalisis teks negosiasi peserta didik kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Telaga.
Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SMA Negeri 1 Telaga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Metode ini digunakan untuk memaparkan dan menyajikan data apa adanya tentang hasil penelitian mengenai hasil kerja peserta didik dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam menganalisis teks negosiasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik kelas X IPA 3 SMA Negeri 1 Telaga dalam menganalisis isi, struktur dan kebahasaan teks negosiasi masih kurang atau dikategorikan belum mampu. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil kerja siswa keseluruhan yang dirata-ratakan hanya mencapai 73,6% dalam hal ini dikategorikan belum mampu. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menganalisis isi, struktur dan kebahasaan teks negosiasi dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor indogin dan eksogin. Faktor indogin meliputi faktor intelegensia dan minat belajar peserta didik. Sedangkan faktor eksogen yaitu dari guru melakukan proses pembelajaran yang kurang efektif dan ketidaksesuaian pengajaran guru dengan perangkat pembelajaran. Solusi yang harus dilakukan untuk memecahkan faktor-faktor tersebut antara lain perlu adanya minat belajar dari peserta didik dan banyak-banyak membaca materi terkait menganalisis teks negosiasi. Adapun solusi yang harus dilakukan oleh guru adalah keaktifan pengajaran ketika proses pembelajaran berlangsung dan mampu memberikan motivasi belajar kepada peserta didik agar tercipta pembelajaran yang efektif.
Kata-kata Kunci: Kemampuan menganalisis, teks negosiasi, faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menganalisis
Download berkas