SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI VINGKI BINTI YUDIN / 311416085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MOH. KARMIN BARUADI, M.Hum / 0026105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. HERSON KADIR, S.Pd,M.Pd / 0003118101
Abstrak
ABSTRAK Sri Vingki Binti Yudin. 311416085. 2020. "Makna Simbol 'Mim' dalam Novel Khadijah Karya Sibel Eraslan (Kajian Semiotika Roland Barthes)". Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum., Pembimbing II: Dr. Herson Kadir, S.P.d., M.Pd. Makna merupakan sebuah arti yang tersembunyi dibalik suatu objek. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan makna simbol 'Mim' dalam novel Khadijah karya Sibel Eraslan (Kajian Semiotika Roland Barthes). Fokus penelitian yaitu: (1) makna simbol 'Mim' ditinjau dari kode hermeneutik; (2) makna simbol 'Mim' ditinjau dari kode semik dan simbolik; (3) makna simbol 'Mim' ditinjau dari kode proaeretik; (4) makna simbol 'Mim' ditinjau dari kode kultural. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang menitikberatkan pada pemaknaan dari sudut pandang pembaca, bukan pengarang. Pemaknaan tanda atau simbol berdasarkan teori ini bersandar pada lima kode yaitu, kode hermeneutik, semik, simbolik, proaeretik, dan kultural. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian adalah makna simbol 'Mim' yang disajikan melalui kutian-kutipan cerita dalam bentuk leksia yang menggambarkan adanya kode hermeneutik, semik, simbolik, proaeretik, dan kultural. Sumber data yaitu novel Khadijah karya Sibel Eraslan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pembacaan dan pencatatan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara membaca, mengklasifikasikan, menganalisis, mendeskripsikan, menginterpretasi, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) makna simbol 'Mim' ditinjau dari kode hermeneutik dalam novel Khadijah karya Sibel Eraslan, terdapat 17 leksia menggambarkan kemuliaan sosok Nabi Muhammad Saw., yang patut untuk dicintai; (2) makna simbol 'Mim' ditinjau dari kode semik dan simbolik. Makna kode semik terdapat 9 leksia menggambarkan ungkapan yang melukiskan kemuliaan sosok Nabi Muhammad Saw., yang patut untuk diteladani. Makna simbol 'Mim' ditinjau dari kode simbolik terdapat 11 leksia menggambarkan kemuliaan cinta Khadijah, kemuliaan derajat Nabi Muhammad Saw., dan kemuliaan istri Nabi; (3) makna simbol 'Mim' ditinjau dari kode proaeretik terdapat 37 leksia menggambarkan kemuliaan perjuangan Nabi Muhammad Saw,. dalam menjalankan amanah sebagai nabi dan rasul, utusan terakhir; (4) makna simbol 'Mim'; ditinjau dari kode kultural terdapat 13 leksia menggambarkan makna kemuliaan petunjuk yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw., membawa manusia kepada petunjuk yang benar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa makna simbol 'Mim' adalah kemuliaan. Makna kemuliaan ini mengacu kepada Nabi Muhammad Saw., yang patut untuk dicintai dan diteladani. Kata kunci: makna, simbol 'Mim', novel, semiotika Roland Barthes ABSTRACT Binti Yudin, Sri Vingki. 311416085. 2020. "The Meaning of 'Mim' Symbol in Khadijah by Sibel Eraslan (a Semiotic study of Roland Barthes)". Undergraduate Thesis. Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Letters and Culture, Universitas Negeri Gorontalo Principal Supervisor: Prof. Dr. Moh. Karmin Baruadi, M.Hum,. Co-Supervisor: Dr. Herson Kadir, S.Pd., M.Pd. Meaning is hidden behind an object that contains helpful messages. The purpose of this study is describe the meaning of the 'Mim' symbol in Khadijah by Sibel Eraslan. The focus research is to study the meaning of the 'Mim' symbol from the following codes: (1) Hermeneurics; (2) Semic and Symbolic; (3) Proaeretic, and; (4) cultural codes. This study uses a semiotic theory of Roland Barthes that focuses on the meaning from the reader's point of view, and not the author. The meaning of sign or symbol based on this theory is based on the five codes of Hermeneutics, Semic, Symbolic, Proaeretic, and cultural codes. This descriptive research presents the Data with quotations from the story in the form of lexia from Khadijah by Sibel Eraslan as the data source. The data was collected by means of reading and recording, which will be analyzed by re-reading, classifying, analyzing, interpreting, and concluding the research results. The findings and discussions indicated the meaning of 'Mim' symbol are as follows: (1) based on hermeneutics code, there are 17 lexia that depicated the glory of the Prophet Muhammad as an adored figure; (2) based on semic code, there are 9 lexia that depicated the glory of the Prophet Muhammad as an exemplary figure. Meanwhile, there are 11 lexia in terms of symbolic code that depicated the glory of Khadijah love, the glorious degrees of the Prophet Muhammad, and the glory of the Prophet's wives; (3) based on prophetic code, there are 37 lexia depicting the glory of the Prophet Muhammad's struggle in carrying out his mandate as a Prophet and an Apostle; (4) based on the cultural code, there are 13 lexia that depicted the glory of the instructions brought by the Prophet Muhammad as the last messenger. Thus, it can be concluded that the meaning of 'Mim' symbol in the Khadihah by Sibel Eraslan displayed the glory, which in meaning refers to the Prophet Muhammad as the noblest figure ever lived. Keyword: Meaning, 'Mim' Symbol, Novel, Semiotic Study of Roland Barthes.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011