Penulis / NIM
NURFADHILLAH ABBAS / 311416103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
DR MUNKIZUL UMAM KAU, S.Fil.I, M.Phil / 0029037601
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi semester genap tahun ajaran 2020/2021.Desain penelitian yang digunakan adalah Post Test Only Control Group Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar menulis surat dinas yaitu tes objektif yang berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan iferensial. Analisis data deskriptif digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Sedangkan analisis iferensial digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa menulis surat dinas kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi.Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa nilai t_hitung>t_tabel yaitu 3,65>1,68 yang artinya menolak H0 dan menerima H1, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaranproblem based learning terhadap hasil belajar menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Download berkas