Penulis / NIM
RAHAYU IBRAHIM AGULE / 311416109
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
DR MUNKIZUL UMAM KAU, S.Fil.I, M.Phil / 0029037601
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. FATMAH AR. UMAR, M, Pd / 0004016005
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk variasi bahasa dari segi penutur dan variasi bahasa keformalan yang digunakan guru dan siswa kelas VII dalam pembelajaran bahasa Indonesia tema teks deskripsi di SMP Negeri 2 Tolangohula. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa bentuk-bentuk variasi bahasa dari segi penutur dan bentuk-bentuk variasi bahasa dari segi keformalan. Sumber data didapatkan dari hasil tuturan guru dalam pembelajaran di kelas VII. Data-data tersebut dikumpul dengan menggunakan teknik observasi, teknik simak dan catat. Data yang telah dikumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa variasi bahasa yang digunakan guru dalam pembelajaran pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Tolangohula terdapat dua bentuk variasi bahasa dari segi penutur yaitu (1) variasi bahasa idiolek terdiri atas nah, kan dan ee dan (2) variasi bahasa dialek terdiri atas so, mo, dan ee, dan tiga bentuk variasi bahasa dari segi keformalan yaitu (1) ragam resmi, (2) ragam usaha dan (3) ragam santai. Simpulannya bentuk variasi bahasa dari segi penutur dan variasi bahasa dari segi keformalan.yang digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia tema teks deskripsi.
Download berkas