SKRIPSI

Penulis / NIM
ISTI ASRIFAH / 311417003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SUPRIYADI, M.Pd / 0006086809
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
Isti Asrifah. 2021. Desain Implementasi Bahan Ajar Bipa Berbasis Cerita Rakyat Pada Mata Kuliah Sumber Dan Media Pembelajaran Bipa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra dan Budaya, Univeritas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Supriyadi, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Salam, M.Pd. Desain Implementasi bahan ajar BIPA berbasis Cerita Rakyat Gorontalo memberikan gambaran mengenai penggunaan cerita rakyat khususnya daerah Gorontalo dalam Pembelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini mengkaji tentang (1) Bagaimanakah kebutuhan bahan ajar BIPA berbasis cerita rakyat Gorontalo pada mata kuliah Sumber dan Media Pembelajaran BIPA, (2) Bagaimanakah desain implementasi bahan ajar BIPA berbasis cerita rakyat Gorontalo pada mata kuliah Sumber dan Media Pembelajaran BIPA, dan (3) Bagaimanakah kelayakan desain implementasi bahan ajar BIPA berbasis cerita rakyat Gorontalo pada mata kuliah Sumber dan Media Pembelajaran BIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar BIPA berbasis cerita rakyat Gorontalo, mendeskripsikan desain implementasi bahan ajar BIPA berbasis cerita rakyat Gorontalo, dan mendeskripsikan kelayakan desain implementasi bahan ajar BIPA berbasis cerita rakyat Gorontalo. Teori Desain Bahan Ajar menjadi teori yang melandasi penelitian ini. Desain merupakan sebuah rencana untuk merancang sesuatu sesuai dengan kebutuhan/tujuan. Sehingga implementasi menjadi sebuah wujud/tindakan dari desain yang telah dirancang. Teori Desain Bahan Ajar berfokus pada kajian teks, sehingga penelitian ini dilaksanakan secara pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pengembangan. Data penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran Sumber dan Media BIPA yang diperoleh observasi, angket, dan dokumentasi terhadap mahasiswa peminatan BIPA Jurusan Sastra dan Budaya, FSB, UNG. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini di antaranya panduan observasi, dengan teknik analisis data menggunakan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Desain Bahan Ajar BIPA berbasis cerita rakyat Gorontalo memiliki tingkat kebutuhan yang terbagi atas 1) pada mahasiswa sebesar 4.5% dan pada ahli materi/dosen pengajar sebesar 4.8% jika dipadankan maka nilai tersebut berada pada kategori mendekati sangat perlu, 2) kelayakan bahan ajar sumber dan media pembelajaran BIPA yang sedang berlangsung, pada mahasiswa sebesar 4.2% dan pada ahli materi/dosen pengajar sebesar 3.9%, jika dipadankan maka skor tersebut berada pada kategori cukup setuju. Pada Desain Implementasi Bahan Ajar BIPA berbasis Cerita Rakyat Gorontalo terbagi atas empat tahapan yakni 1) tahap pendahuluan, 2) tahap desain produk, 3) tahap pengembangan dan, 4) tahap revisi merupakan validasi kelayakan bahan ajar bipa berbasis cerita rakyat Gorontalo memiliki skor sebesar 4.5% yang memiliki kesimpulan bahan ajar ini layak untuk digunakan. Kata-Kata Kunci: Desain, Implementasi, Bahan Ajar, BIPA, Budaya Lisan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011