SKRIPSI

Penulis / NIM
EKA SAFITRI / 311418037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
EKA SARTIKA, S.Pd, M.Pd / 0022128602
Abstrak
ABSTRAK Eka Safitri, 311418037. 2022. Minat baca pada siswa di SMA Negeri 1 Suwawa (suatu penelitian deskriptif). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Asna Ntelu, M. Hum. Pembimbing II Eka Sartika, S.Pd M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana minat baca siswa SMA Negeri 1 Suwawa, (2) Apa saja faktor penghambat minat baca siswa SMA Negeri 1 Suwawa, (3) bagaimna upaya meningkatkan minat baca siswa SMA Negeri 1 Suwawa. Tujuan penelitian (1) Untuk mendeskripsikan minat baca siswa SMA Negeri 1 Suwawa (2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat minat baca siswa SMA Negeri 1 Suwawa, (3) Untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan minat baca siswa SMA Negeri 1 Suwawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian (1) reduksi data (2) penyajian data (3) peranikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat baca yang ditelaah pada 6 indikator yaitu fisiologis termasuk dalam kategori baik yaitu (71%), intelektual masuk dalam kategori cukup yaitu (70%), lingkungan masuk dalam kategori baik yaitu (71%), ekonomi masuk dalam kategori baik yaitu (71%), psikologi masuk dalam kategori baik yaitu (72%), dan bahan bacaan masuk dalam kategori baik yaitu (71%). Dengan demikian minat baca di sekolah SMA Negeri 1 Suwawa masuk dalam kategori baik didukung dengan buku-buku dan fasilitas sekolah yang baik hal ini pula yang menimbulkan minat baca siswa. Faktor penghambat minat baca dalam penelitia ini masuk dalam kategori baik yaitu budaya membaca rendah (89%) masuk dalam kategori baik, pengaruh televisi (89%) masuk dalam kategori baik, buku bukan prioritas (89%) masuk dalam kategori baik, kurangnya fasilitas (89%) masuk dalam kategori baik, keluarga (89%) masuk dalam kategori baik. Upaya yang tidak kalah pentingnya adalah dorongan guru dalam memotivasi siswa agar senang membaca, dan disarankan guru dapat membatu siswanya dengan menunjukan bacaan yang baik bagi siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan adanya fasilitas serta dorongan dan motivasi dari guru maka proses membaca sudah menuju ke tujuan membaca yang lebih baik, ini dapat dilihat dari presentase dari setiap indikator dimana hasil presentasinya termasuk dalam kategori baik. Dukungan dan keterampilan guru dalam mengembangkan minat baca juga sangat penting untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Kata kunci: Minat baca, SMA Negeri 1 Suwawa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011