SKRIPSI

Penulis / NIM
ANANDA DIMAS TEGELA / 311418049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ASNA NTELU, M.Hum / 0009106211
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SALAM, S.Pd, M.Pd / 0006087703
Abstrak
ABSTRAK Ananda Dimas Tegela, 311 418 049. 2022."Pembelajaran Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerpen Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo Tahun 2022/20223. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Asna Ntelu, M. Hum, Pembimbing 2 Dr. Salam, S.Pd., M.Pd., Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan, (1) Bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo Tahun Pelajaran 2022/2023, (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi usnur intrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo Tahun Pelajaran 2022/2023, dan (3) Bagaimana penilaian pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo Tahun Pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Metode ini digunakan untuk memaparkan dan menyajikan data mengenai hasil penelitian pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo Tahun Pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya rencana pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen meliputi, : (1) identitas sekolah, (2) identitas mata pelajaran, (3) kelas/semester, (4) materi pokok, (5) alokasi waktu, (6) standar kompetensi, (7) kompetensi dasar, (8) indikator pencapaian hasil belajar, (9) tujuan pembelajaran, (10) materi pembelajaran, (11) pendekatan dan metode pembelajaran, (12) langkah-langkah kegiatan pembelajaran, (13) alat dan sumber, (14) evaluasi pembelajaran dan (15) remidial dan pengayaan. Adapun proses pelaksanaan pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen terbagi menjadi 3 tahap yaitu (1) tahap awal, (2) tahap inti dan (3) tahap akhir. Penilaian pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik menggunakan teknik penilaian pengetahuan dalam bentuk tes tertulis uraian atau esai dengan menggunakan lembar kerja peserta didik pada siswa kelas IX SMP Negeri 10 Gorontalo Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen, belum sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran, dan proses pelaksanaan pembelajaran. Penilain pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik cerpen untuk aspek penilaian pengetahuan dalam bentuk tes tertulis uraian atau esai dengan menggunakan lembar kerja peserta didik yang sudah sesuai urutan yang ada pada rencana pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci: Rencana, Proses, Penilaian Pembelajaran, Unsur Intrinsik Cerpen ABSTRACT Tegela, Ananda Dimas. 311 418 049. 2022. "Identifying the Intrinsic Elements of Short Stories Lesson for Grade IX of SMP Negeri 10 Gorontalo Academic Year 2022/20223". Undergraduate Thesis. Department of Indonesian Language and Literature. Faculty of Letters and Culture. Universitas Negeri Gorontalo. Principal Supervisor: Dr. Asna Ntelu, M.Hum., Co-supervisor: Dr. Salam, S.Pd., M.Pd., This research was conducted to describe, (1) How the lesson plan of identifying the intrinsic elements of short stories lesson is in grade IX of SMP Negeri 10 Gorontalo in the 2022/2023 academic year, (2) How the process of learning implementation of identifying the intrinsic elements of short stories lesson is in grade IX of SMP Negeri 10 Gorontalo 2022/2023 Academic Year, and (3) How learning assessment of identifying the intrinsic elements of short stories lesson is in grade IX of SMP Negeri 10 Gorontalo in the 2022/2023 Academic Year. The research method used was a descriptive method with qualitative research type. This method was used to describe and present data regarding the results of aforementioned research. The results showed the existence of lesson plans in regards to identifying the intrinsic elements of short stories lesson which included: (1) school identity, (2) subject identity, (3) class/semester, (4) subject matters, (5) time allocation, (6) standards of competency. (7) basic competencies, (8) indicators of learning outcomes, (9) learning objectives, (10) learning materials, (11) learning approaches and methods, (12) steps of learning activities, (13) tools and sources, (14) learning evaluations, and (15) remedials and supplementary lessons. Meanwhile, the implementation process of identifying the intrinsic elements of short stories lesson was divided into 3 stages, namely (1) initial stage, (2) core stage, and (3) final stage. The assessment of identifying intrinsic elements lesson involved knowledge assessment techniques in the form of written tests or essays using student worksheets for grade IX of SMP Negeri 10 Gorontalo 2022/2023 Academic Year. Based on the results of the study, it can be concluded that the learning activity of the intrinsic elements of short stories lesson was not in accordance with the lesson plan, and the process of learning implementation. The assessment of identifying the intrinsic elements of short stories lesson in terms of knowledge assessment was in form of written tests or essays using student worksheets according to the orders in the lesson plan. Keywords: Plan, Process, Learning Assessment, Intrinsic Elements of Short Stories
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011