Penulis / NIM
DESI FRIELDHAYANTI NUSI / 311418070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. DAKIA N. DJOU, M.Hum / 0026085907
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SITTI RACHMI MASIE, S.Pd, M.Pd / 0008048002
Abstrak
ABSTRAK
Desi Frieldhayanti Nusi, 311 418 070. 2022. Pelaksanaan Pembelajaran Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Media Vlog di Kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra dan Budaya. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Dakia N. Djou, M.Pd., : Pembimbing 2 Dr. Sitti Rachmi Masie, S.Pd., M.Pd.,
Pelaksanaan pembelajaran adalah proses yang didalamnya terdapat kegiatan interaksi antara guru dan peserta didik dan komunikasi timbal balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan belajar. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu, (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran dalam menyusun teks laporan hasil observasi menggunakan media vlog di kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge, (2) apa saja kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi menggunakan media vlog di kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge, dan (3) bagaimana solusi mengatasi kendala-kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi menggunakan media vlog di kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, kendala yang dihadapi, dan solusi mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam menyusun teks laporan hasil observasi di kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge dengan menerapkan media vlog.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Metode ini digunakan untuk memaparkan dan menyajikan data apa adanya mengenai hasil penelitian mengenai pelaksanaan pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi menggunakan media vlog di kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pelaksanaan pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi terbagi menjadi 3 tahap yaitu (1) tahap awal, (1) tahap inti dan (3) tahap akhir. Adapun kendala dan solusi yang dihadapi dalam pelakasanaan pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi menggunakan media vlog disebabkan oleh tiga sumber yaitu (1) bersumber dari siswa, (2) bersumber dari guru dan (3) bersumber dari media pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran dalam menyusun teks laporan hasil observasi menggunakan media vlog dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sesuai dengan kontekstual adapun proses pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media vlog berupa video mengenai Tanaman Pepaya yang sudah sesuai urutan yang ada pada RPP.
Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Teks Laporan Hasil Observasi, Media Vlog
Download berkas