Penulis / NIM
AFRIYANTI YUSUF / 321416015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. NONNY BASALAMA, MA, Ph.D. / 0010036804
Pembimbing 2 / NIDN
INDRI WIRAHMI BAY, S.Pd, M.A / 0020088002
Abstrak
Mahasiswa di indonesia berasal dari budaya, bahasa, dan kepribadian yang berbeda (ekstrovert dan introvert. Oleh karena it, mengenali ciri-ciri kepribadian siswa dan strategi pembelajaran bahasa mereka mungkin efektif untuk membantu dosen merancang strategi pengajaran yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa yang biasa digunakan oleh mahasiswa ekstrovert dan introvert di Kelas Berbicara bahasa inggris. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester empat Jurusan Bahasa Inggris Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan dua model kuesioner yaitu skala introversi McCroskey karya Richmond & McCroskey untuk menentukan tipe kepribadian setiap subjek dan Strategy Inventory for Language Learning (SILL) oleh Oxford (1990) untuk melihat strategi pembelajaran mereka. Temuan tersebut dijelaskan dengan menggunakan teori strategi pembelajaran bahasa oleh O'Malley dan Chamot (1990). Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa ekstrovert lebih sering menggunakan strategi pembelajaran bahasa dengan 12 item dibandingkan siswa introvert yang hanya 10 item. Strategi yang paling banyak digunakan oleh siswa ekstrovert adalah bekerja sama dan berempati dengan orang lain dengan persentasi 66,6%, sedangkan strategi yang paling banyak digunakan oleh siswa introvert adalah mencatat dengan persentasi 66,7%.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Bahasa, Berbicara, Ekstrovert, Introvert
Download berkas