Penulis / NIM
ZURIATY AHMAD / 331309003
Program Studi
D3 - PARIWISATA
Pembimbing 1 / NIDN
MEILINDA L MODJO, SST.Par, MM.Par / 0030057601
Pembimbing 2 / NIDN
ASMINAR MOKODONGAN / 0028087703
Abstrak
ABSTRAK
Efektivitas pencucian linen kamar di Malaysia, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pencucian linen kamar dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pencucian linen khususnya linen kamar yang telah ditetapkan oleh Hotel Colmar Tropicale tidak berjalan lancar
Hasil penelitian saat proses pencucian linen kamar dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Hotel Colmar masih memiliki beberapa kendala dalam pengelolaannya, hal ini disebabkan oleh kurangnya jumlah karyawan yang ada di bagian laundry serta jumlah peralatan laundry yang hanya berjumlah 6 (enam) buah sehingga menyebabkan dalam proses pencucian dilakukan secara bersama-sama tanpa melakukan proses pemisahan linen dan menggunakan chemical yang sama karena stok chemical yang terlambat dalam pengorderannya dan keterlambatan pemasukan linen ke kamar-kamar yang menyebabkan adanya keluhan dari tamu. Semakin banyak keluhan, maka akan semakin menurunkan kualitas pelayanan
Kata Kunci : Efektivitas, Pencucian linen kamar, Kualitas pelayanan
Download berkas